JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alquran Kuno Tulisan Tangan Dari Kulit Berusia Ratusan Tahun Tersimpan Rapi di Masjid Tiban Tempurkali di Tepian Bengawan Solo Hulu

Alquran
Takmir Masjid Tiban Tempurkali Mulyono memperlihatkan Alquran kuno tulisan tangan. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebuah Alquran kuno tulisan tangan berusia ratusan tahun hingga kini tersimpan rapi di tepian Bengawan Solo Hulu.

Alquran kuno tulisan tangan itu berbahan semacam kulit, bukan kertas seperti umumnya.

Alquran kuno tulisan tangan itu terdapat di Masjid Ar Rahman Dusun Tempurkali Desa Bulurejo Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Masjid tersebut lebih akrab disebut sebagai Masjid Tiban Tempurkali.

Baca Juga :  Kendati Pendaftaran Parpol Dilayani Pusat, KPU Wonogiri Buka Helpdesk

Takmir Masjid Tiban Tempurkali Mulyono menyebutkan, Masjid Ar Rahman disebut Masjid Tiban lantaran awalnya tempat tersebut merupakan lahan kosong luas di tepi sungai Bengawan Solo Hulu. Tetiba warga kemudian mengetahui di lokasi itu sudah berdiri sebuah masjid.

Masjid Tiban Tempurkali itu berdiri sekitar tahun 1738.

Takmir Masjid Tiban Tempurkali Mulyono mengatakan, setelah ditemukan, Masjid Tiban Tempurkali digunakan untuk berdakwah oleh sejumlah tokoh Islam di Wonogiri selatan. Misalnya Kyai Nur Muhammad, Kyai Zein, Kyai Anwar Sanusi, dan Kyai Ilyas Basuki.

Baca Juga :  Ini Arti Logo UIN Syahad Padangsidimpuan, Dijelaskan Rektor Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary

“Peninggalan yang masih ada itu Al Quran dan tempat membacanya, buku kutbah, dan bangunan kerangka atap masjid dan bedug. Peninggalan itu semua agemane Kiai Nur Muhammad dan rekannya,” ungkap Takmir Masjid Tiban Tempurkali Mulyono baru baru ini.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com