JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Profil Dandim Sragen Letkol Yoga Yastinanda, Masih Muda, Bersyukur Lulus ke Jawa Usai Jelajah 3 Pulau dan 5 Kota

Dandim Sragen, Letkol INF Yoga Yastinanda. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pucuk pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) 0725/Sragen resmi berganti. Ada yang pergi, datang pula sang pengganti.

Jabatan tertinggi korps TNI di Sragen itu kini diduduki oleh Letkol Inf Yoga Yastinanda. Sejak menapak tugas di Bumi Sukowati, sosoknya pun langsung ramai diperbincangkan.

Tak hanya masih muda dan ganteng, keramahannya banyak menuai apresiasi. Lantas siapakah Yoga Yastinanda yang mendapat kehormatan menduduki tampuk pimpinan di Kodim Sragen itu?

Dalam sebuah kesempatan perbincangan dengan JOGLOSEMARNEWS.COM , Letkol Inf Yoga menuturkan dirinya lahir tahun 1980 atau kini berusia 42 tahun.

Lahir di Magelang, Jawa Tengah, sejak kecil, ia sudah harus berpindah-pindah kota lantaran mengikuti orangtua yang mengemban tugas di korps TNI.

“Saya lahir di Magelang. Tapi domisili lama di Jakarta,” paparnya Sabtu (9/7/2022).

Lulus dari Akmil tahun 2003, ia mengawali karier dengan mengemban tugas di luar Jawa yakni di Rindam Kasuari Papua Barat.

Baca Juga :  Kado Manis di HUT Kabupaten Sragen Ke 278 Tahun Dapat Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Ini Kata Bupati Yuni !

Bahkan catatan perjalanan tugasnya banyak dihiasi di Indonesia Timur. Di antaranya di Kodam VI Mulawarman, hingga Pama di Kostrad.

Lima kota dan tiga pulau sudah dijelajahi sebelum kemudian berlabuh ke pulau Jawa dengan ditempatkan di Kodim Sragen.

“Sudah 5 kota dan 3 pulau yang kami duduki. Sebelumnya banyak tugas di Papua,” urainya.

Letkol INF Yoga Yastinanda. Foto/Wardoyo

Seleksi Dandim 

Yoga mengisahkan jabatan Dandim Sragen diperoleh melalui perjuangan tidak mudah.

Buah prestasinya bertugas melanglang buana di Papua dan Indonesia Timur mengantarnya mendapat kesempatan seleksi calon Dandim.

“Kami terakhir 8 bulan di Papua Barat, Alhamdulillah Wasyukurillah akhirnya bisa lolos seleksi Dandim dan dapat tugas ke Sragen. Istri saya Alhamdulilah diseleksi tes psikologi juga lolos,” urainya.

Yoga menuturkan bertugas di Papua telah banyak memberinya kenangan dan suka duka. Wilayah yang berjauhan dengan sarana serba keterbatasan seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari tugasnya.

“Sering mati lampu, sinyal susah menjadi hal biasa. Memang tipologi wilayahnya sangat beda sekali,” imbuhnya.

Baca Juga :  Adik Kandung Bupati Sragen Untung Wibowo Sukawati Mengambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Sragen 2024 di Kantor DPC PDI Perjuangan

Saat ditanya kesan pertama kali di Sragen, Yoga mengakui sangat terkesan dengan keramahan masyarakatnya.

“Saya pertama kali menginjak di Sragen kebetulan Salat Jumat di Masjid Al Falah, lalu beli cendol. Masya Allah masyarakatnya ramah-ramah luar biasa. Saya kemarin nyopir sendiri, jalan-jalan lihat kota sekalian Jumatan di situ,” ungkap Dandim yang hobi olahraga itu.

Ia menyebut saat ini dikarunia 3 anak laki-laki dari sang istri yang berasal dari Sleman, Jogjakarta.

Di bagian akhir, Yoga berharap dukungan dari semua elemen dan masyarakat Sragen agar dapat mengemban tugas dengan baik, menjaga kondusivitas dan bisa berkontribusi positif mempercepat program pembangunan di Sragen. Wardoyo

Profil Letkol Inf Yoga Yastinanda:
Nama Lengkap: Yoga Yastinanda
Tempat lahir: Magelang, Jawa Tengah
Tahun kelahiran: 1980
Domisili: DKI Jakarta
Asal istri: Sleman, DIY
Anak: 3
Hobi: Olahraga
Sumber: Wawancara

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com