JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Luluh Tawaran Mediasi, Demo Ratusan Warga ke Pabrik PT Glory Industrial Ngrampal Akhirnya Batal Digelar

Suasana pabrik garmen PT Glory Industrial Semarang di Bener, Ngrampal tampak lengang setelah rencana demo besar-besaran yang batal digelar, Sabtu (20/8/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rencana demo besar-besaran yang akan digelar ratusan warga ke pabrik garmen PT Glory Industrial Semarang di Bener, Desa Bener, Ngrampal, Sragen, Sabtu (20/8/2022) mendadak batal.

Demo batal setelah adanya mediasi antara perwakilan warga dengan pihak perusahaan.

Pembatalan aksi diketahui dari munculnya surat pemberitahuan pembatalan yang disampaikan koordinator lapangan (Korlap) dari forum bener bersatu (Forbes).

Dalam surat pemberitahuan tertanggal 18 Agustus 2022 yang ditandatangani Ketua Forbes, Danan Heruwanto itu ditujukan kepada Kapolres Sragen. Intinya dalam surat itu memberitahukan adanya pembatalan demo yang sedianya digelar Sabtu (20/8/2022) pagi.

Pengurus sepakat untuk mengurungkan niat melakukan demo dan memilih menempuh mediasi dengan DPRD dan pihak terkait.

“Demo dicancel karena sudah sepakat untuk diselesaikan melakukan mediasi,” papar Danan kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga :  Pasangan Remaja Ditangkap Usai Lakukan Empat Kali Pencurian di Desa Jurangjero, Karangmalang, Sragen

Pembatalan aksi demo juga dibenarkan oleh Kapolsek Ngrampal, AKP Hasto Broto. Ia menyampaikan aksi demo yang sedianya akan digelar warga hari ini sudah positif batal.

“Iya, demo warga hari ini tidak jadi digelar,” ujarnya.

Sebelumnya, ratusan warga Bener terdampak pembangunan pabrik yang tergabung dalam forum bener bersatu (Forbes) menyampaikan akan menggelar demo hari ini.

Mereka menuntut hak dan memprotes pembangunan pabrik yang menutup akses jalan warga.

Aksi demo dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB di depan pabrik atau halaman. Mereka akan dikawal oleh kuasa hukum dari PBH Peradi Sragen.

Beberapa anggota DPRD dikabarkan juga akan hadir untuk mengawal dan mendukung aksi warga.

Baca Juga :  Prihandoko, Mantan Kades Fenomenal di Sragen, Bidik Tiket Rekomendasi PKS dan Gerindra, Siap Maju Pilkada Sragen 2024

Kabar aksi demo itu berembus dari surat pemberitahuan korlap ke kepolisian. Surat itu bernomor: Istimewa/Sek-AW26-27B/VII2022.

Dalam pemberitahuan itu, dicantumkan demo akan digelar Sabtu 20 Agustus 2022 jam 08.00 WIB sampai selesai di jalan atau halaman depan pabrik.

Warga aman membawa perlengkapan bendera, spanduk, poster, perlengkapan teatrikal lainnya. Surat pemberitahuan itu ditandatangani Ketua Forbes, Danan Herwanto dan Sekretaris Iskandar.

“Iya, benar. Warga Bener yang tergabung dalam Forbes akan menggelar demo hari Sabtu besok. Kami selaku kuasa hukumnya juga akan melakukan pendampingan,” papar Amriza Khoirul Fachri, Ketua Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Sragen, Jumat (19/8/2022).

Ketua PBH Peradi Sragen, Amriza membenarkan aksi demo hari ini batal. Pihaknya mengapresiasi adanya upaya mediasi untuk penyelesaian persoalan tersebut. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com