JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi Membangun Desa untuk Pengembalian Perekonomian Pasca Pandemi di Dusun Sugihwaras

Rama Diani Suci Anggraheni, mahasiswa Unisri. Foto/Istimewa

KARANGANYAR- Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi serta menangani masalah sehingga diharapkan dapat mengembangkan potensi desa/daerah.

Pelaksanaan KKNT MBKM UNISRI berkontribusi dalam kebangkitan pasca pandemi berlangsung pada tanggal 25 juli – 31 agustus 2022.

Pada pelaksanaan KKNT MBKM UNISRI 2022 kelompok 75 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Efi Nikmatu Sholikah, SP., M.Sc bertempat di Dusun Sugihwaras, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Pada hari Minggu tanggal 7 Agustus 2022, Rama Diani Suci Anggraheni mahasiswa prodi Manajemen dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta melakukan sosialisasi pada ibu ibu di dusun sugihwaras.

Kegiatan digelar dengan tujuan untuk menambah wawasan dalam pengelolaan usaha yang dikembangkan dengan efektif, memberikan pengalaman dalam bidang pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi pengembalian ekonomi pasca pandemi di Dusun Sugihwaras oleh mahasiswa KKNT Unisri. Foto/Istimewa

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB di halaman posko dan dihadiri oleh 20 orang .

Dalam sosialisasi ini Rama Diani memberikan pemahaman tentang tips dan trik Pemanfaatan digital media sosial dan aplikasi sangat berpengaruh di era sekarang.

Melakukan promosi produk serta penjualan melalui beberapa platform seperti Tokopedia, Shopee, Instagram, Facebook saat ini telah marak dilakukan para pemilik UMKM baru dalam mengembangkan bisnisnya karena caranya begitu mudah dan langsung menjangkau ke publik.

Tips, trik dan cara pembukuan bahkan cara pembuatan akun untuk digunakan berjualan juga dijelaskan secara singkat dan mudah dimengerti.

Rama Diani berharap setelah sosialisasi ini mereka mulai menyadari betapa pentingnya mengelola pemasaran maupun keuangan agar UMKM yang mereka miliki dapat berkembang dan bersaing di pasaran. (***)

Penulis:

Nama : Rama Diani Suci Anggraheni
NPM : 19200078
Prodi : Manajemen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com