JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaaf Kelor, Stabilkan Gula Darah sampai Lindungi dari Alergi

Ilustrasi daun tanaman kelor. Dok

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kelor termasuk dalam makanan super yang mudah ditemui di Indonesia. Dalam daun tanaman yang memiliki nama moringa oleifera ini mengandung profil nutrisi padat dari asam amino, vitamin C, kalium, dan kalsium. Sebagai suplemen, kelor sering dikonsumsi dalam bentuk bubuk, kapsul, dan teh.

Tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Afrika, dan merupakan salah satu pohon dengan pertumbuhan tercepat di dunia, kata ahli diet Kylene Bogden.

Mengkonsumsi tanaman ini dalam bentuk mentahnya bisa sangat baik untuk Anda. Daunnya mengandung quercetin, antioksidan yang dapat memblokir respons histamin Anda (yang bertanggung jawab untuk memicu gejala alergi yang mengganggu), dan asam klorogenat, yang dapat membantu menstabilkan gula darah Anda.

“Salah satu alasan kelor menjadi sangat populer, selain profil nutrisinya yang luas, adalah karena memberikan dorongan energi tanpa efek samping negatif yang terkadang menyertai asupan kafein,” kata Bogden seperti dilansir dari laman Women’s Health.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan

Konon, para ahli mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengetahui apakah manfaat kelor itu sah dan aman untuk dikonsumsi secara teratur. Menurut sebuah penelitian, moringa mungkin berperan dalam mengobati 80 penyakit. Tetapi penting untuk diingat bahwa banyak bukti yang menunjukkan manfaat kelor adalah penelitian sel dan hewan. Itu berarti belum jelas apakah tanaman akan melakukan hal yang sama pada manusia. Dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan dosis optimal dan mengidentifikasi interaksi antara senyawa aktif dalam kelor.

Manfaat kelor

1. Melindungi dari infeksi

Moringa memiliki efek anti-infeksi terhadap patogen, dan semua bagian tanaman dapat dibuat menjadi pengobatan melawan bakteri, jamur, virus, dan parasit, menurut tinjauan Frontiers in Pharmacology 2020. Daun dan biji, khususnya, menunjukkan spektrum aktivitas antimikroba yang lebih luas daripada bagian lain dari tanaman kelor.

Baca Juga :  Mengandung Banyak Kolagen, Simak Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan

2. Meningkatkan kontrol gula darah

Mengkonsumsi kelor berpotensi membantu mengendalikan gula darah jika Anda menderita diabetes, menurut tinjauan Nutrisi 2020 dari beberapa penelitian pada hewan. Para peneliti percaya ini karena senyawa seperti isothiocyanates yang ditemukan di kelor. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan.

3. Menurunkan kolesterol

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa dengan sumber tanaman efektif lainnya yang diketahui, seperti biji rami dan gandum. Ini karena kandungan antioksidannya, yang terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

4. Mengurangi tekanan darah
Karena mengandung quercetin, antioksidan, penelitian menunjukkan kelor dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com