JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Madu untuk Kesehatan, Bisa Obati Luka Bakar

Ilustrasi sarang lebah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Madu telah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki beragam nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Rasa madu pada umumnya adalah manis, tetapi rasa manis yang dihasilkan oleh lebah tidaklah selalu sama, tergantung dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah.

Warna madu yang dihasilkan oleh lebah pun tidak selalu sama, hal ini juga dipengaruhi oleh nektar bunga yang dihisap oleh lebah.

Ragam Manfaat Madu

Berikut ini adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Mike McInnes, seorang ahli gizi, menyatakan bahwa madu bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Bahkan, pembakaran lemak ini bisa terjadi ketika sedang tidur. McInnes menyatakan bahwa merupakan makann terbaik untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Bahkan, banyak dokter yang memberikan saran untuk minum satu sendok madu sebelum tidur dan ketika perut sedang kosong, Anda disarankan untuk mengonsumsi sedikit madu. Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa madu dapat meningkatkan metabolisme sehingga dapat membantu untuk mengurangi berat badan.

2. Meningkatkan imunitas

Melansir dari laman Ners Unair, disebutkan bahwa madu mengandung senyawa fitonutrien yang dapat membantu dalam memperkuat sel imun dalam tubuh. Di samping itu, fitonutrien dalam madu juga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi.

3. Mengobati luka bakar

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Madu merupakan cairan yang memilikki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. oleh karenanya, banyak orang yang menggunakan madu sebagai antiseptik alami, khususnya untuk pengobatan luka, memar, luka bakar, hingga infeksi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Melansir dari Ners Unair, senyawa fitronutrien pada madu selain untuk meningkatkan imun, juga dapat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena senyawa tersebut dapat melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya ateroskelorosis.

5. Meredakan batuk

Banyak penlitian yang menunjukkan hasil bahwa madu merupakan salah satu obat untuk meredakan batuk, baik batuk basah, maupun keirng. Dalam satu penelitian disebutkan bahwa meminum satu sendok makan madu dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com