JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Dianggap Selamatkan Puluhan Situs Cagar Budaya, BHS Apresiasi Penetapan Timboa sebagai Jalur Pendakian Ilegal ke Puncak Merbabu

Struktur tangga dari batu alam di kawasan jalur Timboa, Boyolali ini dinilai sebagai peninggalan cagar budaya / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Boyolali Heritage Society (BHS) mengapresiasi langkah Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) yang telah menetapkan jalur pendakian Merbabu di Timboa, Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari sebagai jalur ilegal.

Jalur tersebut selain menyimpan keanekaragaman hayati, juga menyimpan 14 situs cagar budaya.

Menurut Ketua BHS, Kusworo Rahardian, jalur Timboa bukanlah jalur resmi pendakian ke puncak Merbabu. Sehingga situs cagar budaya yang berada di sepanjang jalur tersebut masih aman hingga kini.

Baca Juga :  Tanpa Koordinasi dengan BPCB, Ekskavasi Situs Tlawong Ilegal

“Kami dari BHS pernah melakukan ekspedisi pendakian jalur Timboa pada pertengahan 2020 silam bersama tim BTNGMb. Pendakian melewati area Bukit Gunung Kethu sampai Kawah Mati dan Puncak Syarif,” katanya, Senin (19/9/2022).

Kemudian saat turun melewati arah jalur Timboa di Desa Ngadirojo, Gladagsari. Selama ekspedisi ini, pihaknya mencatat 14 temuan arkeologi lengkap dengan koordinat lokasi temuan serta ketinggiannya.

Ada temuan yang mengagumkan berupa tiga struktur tangga dari batu alam. Stuktur tangga berbentuk teras yang dilaporkan pada pasca kebakaran 2019 silam di ketinggian 2908 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Baca Juga :  Melihat Pemilihan Ketua OSIS di SMA 1 Simo, Unik Digelar Laiknya Pemilu

“Tangga sepanjang 4 meter naik dari teras besar di bawahnya ke punggungan bagian paling atas.”

Tangga ini menghubungkan dari teras paling luas menuju dua teras yang lebih kecil yang terletak di atasnya. Lalu ada balok batu berdiri sebagai penanda mirip gapura kecil. Kemudian ditemukan prasasti batu berangka tahun menempel di teras kedua.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com