JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 26 UNS Ajak Anak-anak Kelurahan Purwodiningratan Lakukan Eksperimen Sains

Mahasiswa KKN Kelompok 26 UNS tengah mengajarkan eksperimen membuat pelangi dengan menggunakan tisu. Tampak anak-anak di RW 09 Kelurahan Purwodingratan sangat antusias memperhatikan / Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Mahasiswa KKN kelompok 26 UNS menggelar kegiatan bimbingan belajar gratis serta mengajak anak-anak di RW 09 untuk melakukan eksperimen sederhana tentang sains.

Mengambil tempat di halaman sekitar posko KKN di RT 04 RW 09 Kelurahan Purwodiningratan, bimbingan belajar dilaksanakan tiap hari Kami dan Sabtu selama lima minggu.

Tanggapan positif dan antusiasme yang tinggi dari anak-anak, mendorong para mahasiswa KKN makin total dalam melakukan bimbingan.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 171 UNS Ajarkan Budaya Menabung Sejak Dini pada Anak-anak di Desa Pendem

Lantaran cukup banyak yang ikut, anak-anak tersebut terpaksa dibagi berdasarkan kelas. Kelompok pertama untuk kelas 1, 2 dan 3. Kelompok kedua untuk siswa kelas 4 dan 5, dan kelompok ketiga adalah siswa TK dan PAUD.

Sesi tanya jawab berhadiah mengenai materi yang baru saja diajarkan oleh mahasiswa KKN 26 UNS membuat anak-anak ini sangat antusias / Foto: Istimewa

Kegiatan bimbingan belajar tersebut, bertujuan untuk membantu anak-anak di RW 09 dari usia PAUD hingga SD untuk bermain dan  belajar serta membantu membantu mengerjakan PR.

Uniknya, selain kegiatan Bimbingan belajar, anak-anak juga diajak melakukan eksperimen-eksperimen sains sederhana yang dapat menambah pengetahuan, pengalaman, kreativitas dan inovasi.

Baca Juga :  SMAN 1 Surakarta Ajak Para Siswa Lakukan PHBS Pasca Pandemi

“Ekperimen seperti ini menggembirakan dan dapat mengurangi kejenuhan anak, sekaligus sebagai media praktik pembelajaran percobaan IPA, ” ujar salah satu perwakilan mahasiswa KKN, Uria, Sabtu (20/8/2022).

Beberapa eksperimen yang dilakukan anak-anak di antaranya adalah eksperimen kandungan vitamin C pada makanan, air berjalan membentuk pelangi dan eksperimen gelembung lava.

Untuk mengusir kebosanan, mahasiswa KKN 26 UNS mengajak anak-anak di RW 09 Kelurahan Purwodingratan untuk melakukan senam ringan / Foto: Istimewa
Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com