JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 26 UNS Ajak Anak-anak Kelurahan Purwodiningratan Lakukan Eksperimen Sains

Mahasiswa KKN Kelompok 26 UNS tengah mengajarkan eksperimen membuat pelangi dengan menggunakan tisu. Tampak anak-anak di RW 09 Kelurahan Purwodingratan sangat antusias memperhatikan / Foto: Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Mahasiswa KKN kelompok 26 UNS menggelar kegiatan bimbingan belajar gratis serta mengajak anak-anak di RW 09 untuk melakukan eksperimen sederhana tentang sains.

Mengambil tempat di halaman sekitar posko KKN di RT 04 RW 09 Kelurahan Purwodiningratan, bimbingan belajar dilaksanakan tiap hari Kami dan Sabtu selama lima minggu.

Tanggapan positif dan antusiasme yang tinggi dari anak-anak, mendorong para mahasiswa KKN makin total dalam melakukan bimbingan.

Lantaran cukup banyak yang ikut, anak-anak tersebut terpaksa dibagi berdasarkan kelas. Kelompok pertama untuk kelas 1, 2 dan 3. Kelompok kedua untuk siswa kelas 4 dan 5, dan kelompok ketiga adalah siswa TK dan PAUD.

Sesi tanya jawab berhadiah mengenai materi yang baru saja diajarkan oleh mahasiswa KKN 26 UNS membuat anak-anak ini sangat antusias / Foto: Istimewa

Kegiatan bimbingan belajar tersebut, bertujuan untuk membantu anak-anak di RW 09 dari usia PAUD hingga SD untuk bermain dan ย belajar serta membantu membantu mengerjakan PR.

Uniknya, selain kegiatan Bimbingan belajar, anak-anak juga diajak melakukan eksperimen-eksperimen sains sederhana yang dapat menambah pengetahuan, pengalaman, kreativitas dan inovasi.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

โ€œEkperimen seperti ini menggembirakan dan dapat mengurangi kejenuhan anak, sekaligus sebagai media praktik pembelajaran percobaan IPA, โ€ ujar salah satu perwakilan mahasiswa KKN, Uria, Sabtu (20/8/2022).

Beberapa eksperimen yang dilakukan anak-anak di antaranya adalah eksperimen kandungan vitamin C pada makanan, air berjalan membentuk pelangi dan eksperimen gelembung lava.

Untuk mengusir kebosanan, mahasiswa KKN 26 UNS mengajak anak-anak di RW 09 Kelurahan Purwodingratan untuk melakukan senam ringan / Foto: Istimewa

Eksperimen tersebut dilakukan, menurut Uria, agar kegiatan Bimbel tidak monoton dan terkesan membosankan.

Selain itu, anak-anak bisa mengetahui fenomena nyata melalui praktikum sederhana, dan tidak hanya tahu sekadar teori.

โ€œPraktikum ini merupakan sarana belajar sambil bermain, sehingga anak-anak mengikutinya lebih bersemangat dan sangat antusias,โ€ paparnya.

Selama melakukan eksperimen, anak-anak menunjukkan rasa penasaran tinggi. Bahkan di antara mereka ada yang membawa pulang sebagai bahan percobaan di rumahnya.

โ€œAlhamdulillah kami mendapatkan respon luar biasa dengan antusiasme siswa mengikuti kegiatan kami. Kami hanya pesan, eksperimen ini kalau mau dilakukan di rumah, harus dengan pendampingan orangtua,โ€ ujarnya.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para ย Supeltas

Ketua KKN kelompok 26 UNS, Erludu mengaku senang kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan oleh timnya dapat membantu anak-anak dalam belajar.

โ€œSetidaknya, kehadiran kami sedikit banyak bisa meringankan beban orang tua dengan memberikan bimbingan belajar yangย  tepat,โ€ tutur Erludu, Sabtu (20/8/2022).

Senada dengan itu, Zaky juga berharap dengan adanya bimbingan belajar tersebut, anak-anak di RW 09 menjadi lebih rajin dalam belajar.

โ€œSemoga dengan adanya bimbel ini anak-anak lebih terpacu dan giat lagi belajarnya, lebih semangat dalam meraih cita-citanya untuk masa depan,โ€ ujar Zaky.

Untuk diketahui, KKN kelompok 26 UNS terdiri dari 10 personel yang masing-masing adalah Setyo Laksono, Ditha Prismasari, Haniifah, Uria Arimanta, Habsyi Sayyida Khasna, Indah Pramiswari, Nina, Zaky Farkhan Aufar, Zalza Mega Maya Phada dan Erludu Austriano Gianini Gomes. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com