JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Rekening Nasabah Dibobol Misterius Rp 34 Juta, Pemimpin Cabang BRI Sragen Sebut Korban Kejahatan Social Engineering!

Catur Wahyu Endra Yogianta. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus pembobolan rekening nasabah sebesar Rp 34 juta oleh oknum mengaku dari pihak jasa pengiriman paket JNE, mendapat tanggapan dari pihak BRI Sragen.

Pihak BRI mengaku sudah melakukan investigasi agas pengaduan nasabah bernama Jumiatun (50) asal Kampung Sidodadi RT 7/7, Karang Tengah, Sragen itu.

Hasil investigasi menyimpulkan bahwa Jumiatun dinyatakan menjadi korban tindak kejahatan penipuan on Ki Ine atau social engineering.

Hal itu terungkap dari klarifikasi yang disampaikan Pemimpin Cabang BRI Sragen, Catur Wahyu Endra Yogianta, Rabu (28/9/2022).

Ia mengatakan terkait aduan dugaan pembobolan rekening yang menimpa Jumiatun, pihaknya telah melakukan investigasi atas pengaduan yang bersangkutan.

“Hasilnya kami simpulkan yang bersangkutan merupakan korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering. Di mana nasabah mengunduh dan menginstal aplikasi tidak resmi melalui pesan singkat yang di kirim oleh pelaku social engineering kepada yang bersangkutan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (28/9/2022).

Baca Juga :  Hanya di Sragen, Ada Robot Cerdas Bisa Tagih Tunggakan Pajak Hingga Rp 11 Miliar

Catur menyampaikan BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati dan tidak mengunduh, menginstal, maupun mengakses aplikasi tidak resmi, saluran, tautan atau website dengan sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian mengimbau nasabah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI.

Ia mengklaim BRI selalu menjaga data kerahasiaan nasabah, dan tidak pernah menghubungi nasabah untuk meminta data rahasia seperti username, password, PIN, maupun kode OTP dan sebagainya.

“BRI hanya menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial (verified) sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman/akun resmi BRI” ujarnya.

Baca Juga :  Ribuan Batik Asli Dijual Mulai Harga Rp 50.000, Catat Ini Jadwal Lengkap Bazar Batik Kliwonan

Adapun akun resmi itu di antaranya
Website: www.bri.co.id, Instagram: @bankbri_id, Twitter:@bankbri_id, @kontakbri, @promo_BRI, Facebook: Bank BRI, Youtube: Bank BRI, dan Tiktok: @bankbri_id.

“Info lebih lanjut, dapat mengunjungi Kantor BRI terdekat atau menghubungi Contact BRI 14017/1500017,” ujarnya.

Rekening Dibobol Misterius

Sebelumnya, Jumiatun (50), warga Kampung Sidodadi RT 7/7, Karang Tengah, Sragen, mengadu kebobolan tabungan Rp 34 juta di BRI.

Modusnya sederhana. Ia hanya membalas pesan Whatsapp (WA) bermodus kiriman paket dari JNE.

Ia tanpa sadar menuruti perintah pengirim pesan untuk mengunduh aplikasi di pesan WA dan mengirim alamat emailnya ke WA yang mengaku petugas JNE itu.

Hal itu terungkap ketika korban mengadu ke Polres Sragen setelah rekeningnya tersedot misterius senilai Rp 34 juta.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com