JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi UMS Gelar Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sivabel di Demakijo, Klaten

Para peserta tampak antusias mengikuti pendampingan penggunaan aplikasi Sivabel di Demakijo, Klaten oleh tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi UMS / Foto: Istimewa

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) HMP Pendidikan Geografi Atlantis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan pendampingan penggunaan Sistem Informasi Evakuasi Bencana Ramah Difabel (Sivabel).

Program pendampingan tersebut dilakukan di Balai Desa Demakijo,  Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Sabtu (17/9/2022).

Syilvia Mildiana Ningrum, selaku Ketua Tim PPK Ormawa menjelaskan, kegiatan  pendampingan tersebut merupakan lanjutan dari pembuatan aplikasi Sivabel.

Kegiatan pendampingan tersebut dihadiri oleh 21 peserta yang terdiri dari para aktivis relawan bencana erupsi Merapi.

Mereka adalah perwakilan dari BPBD Kabupaten Klaten, ULDPB BPBD Kabupaten Klaten, Relawan Aries Desa Demakijo, Relawan Desa Tegalmulyo, Relawan Desa Kanoman, Relawan Desa Gatak, Perangkat Desa Demakijo serta Perangkat Desa Tegalmulyo.

Seperti inilah tampilan aplikasi Sivabel yang diciptakan oleh tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi UMS / Foto: Istimewa

“Mereka mengikuti pendampingan tersebut dengan antusiasme yang tinggi,” papar Syilvia, yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi tersebut.

Dijelaskan, kegiatan pendampinan itu merupakan program kerja (Proker) ke-5 dari Tim PPK Ormawa, yang melibatkan 14 personel dari berbagai Prodi yang berbeda-beda, dengan dosen pembimbing Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P.

“Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama antara tim PPK Ormawa bersama dengan Mitra tim PPK Ormawa, yakni Desa Demakijo,” ujarnya.

Syilvia mengatakan, kegiatan pendampingan itu dilakukan untuk mendampingi para aktivis relawan bencana erupsi Merapi dalam menggunakan Sivabel.

Dijelaskan, jika minggu sebelumnya pendampingan diisi dengan sosialisi, kali ini lebih fokus pada praktik, di mana para  peserta dilatih menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi maupun web Sivabel.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com