JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Warga Sewon, Bantul Dihebohkan Penemuan Bayi di Pematang Sawah

Lokasi penemuan bayi di bulak Ngimbang, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kamis (22/9/2022) / tribunnews
   

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Pendowoharjo, Sewon, Bantul heboh. Pasalnya, seoran pencari rumput tanpa sengaja menemukan bayi di pematang sawah, di bulak Ngimbang, daerah setempat, pada Kamis (22/9/2022).

Sayangnya, bayi perempuan itu ditemukan sudah tak bernyawa lagi. Dan kini sudah dalam penanganan rumah sakit setempat.

Dijelaskan oleh Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, bayi  tersebut ditemukan oleh seorang pencari rumput, Kadiyo (70), warga Srandakan, Bantul.

Mendapati ada bayi, ia pun kemudian memanggil warga sekitar yang langsung ditindaklanjuti dengan melaporkan ke kepolisian dan PMI.

“Bayi berjenis perempuan di dalam selimut warna biru. Di lokasi juga ditemukan ari-ari dalam kendil, popok, kain jarik kotor dan bayi tersebut ditemukan dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Baca Juga :  2 Motor Kejar-kejaran Tengah Malam Hingga Terjadi Kecelakaan di Sleman, Diduga Aksi Klitih

Oleh petugas, bayi malang itu pun dibawa ke RSUD Panembahan Senopati untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan penanganan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan oleh tim dokter, Jeffry mengungkapkan, bayi tersebut dilahirkan lebih dari 24 jam sejak ditemukan.

Hal itu dilihat dari pusar bayi yang menghitam menandakan sudah kering, dan ari-ari yang ditemukan di samping bayi sudah membusuk.

Selain itu di kaki kanan bayi sudah ada bekas suntikan Imunisasi.

“Dimungkinkan bayi yang dibuang tersebut karena tidak diinginkan kedua orangtua untuk dirawat. Untuk semantara bayi yang ditemukan masih dirawat oleh Pihak Rumah Sakit Panembahan Senopati,” ungkapnya.

Baca Juga :  Intensitas Guguran Lava Gunung Merapi Tinggi, Warga Diimbau Tak Beraktivitas di Daerah Potensi Bahaya

Jeffry menambahkan, saat ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman.

Petugas telah mencatat saksi dan memeriksa keterangannya serta mengamankan barang bukti di TKP.

Ia menyatakan bayi tersebut kini menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan pihak kepolisian tengah melakukan pencarian orang tua bayi tersebut.

Melihat cara dan bentuk tali pusar yang terpotong rapi, biasanya dilakukan oleh pihak yang biasa melakukan penanganan persalinan.

“Selain koordinasi dengan pihak desa, polisi berkomunikasi dengan bidan, puskesmas, dukun bayi, hingga rumah sakit di Bantul untuk mencari orang tua dari bayi tersebut,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com