JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Yuk, Ramai-ramai Ikuti Lomba Foto Situs Bersejarah di Kota Solo!

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Bagi kalian yang suka traveling sembari jeprat-jepret, para pecinta sejarah dan  fotografi, jangan lagi sia-siakan kesempatan ini, yakni Lomba foto Situs Bersejarah Kota Solo Tahun 2022!

Lomba foto untuk umum dan berhadiah total hingga Rp 27 juta ini digelar oleh JOGLOSEMARNEWS.COM bekerja sama dengan  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Wonderful Indonesia dan Solo Jiwane Jawa.

Lomba fotografi yang mengusung tema “Urub-Urip” – Situs Bersejarah Kota Surakarta ini cukup menarik karena menyediakan hadiah yang menggiurkan.

Juara I akan mendapatkan uang tunai Rp 10 juta, Jura II memperoleh Rp 7 juta dan Juara III menerima hadiah uang tunai senilai Rp 5 juta. Sementara untuk Juara Harapan, masing-masing bakal menerima Rp 500.000 untuk 10 orang peserta.

Untuk hadiah sebesar itu, kalian tak perlu ragu untuk mengikuti lomba fotografi ini, karena setiap peserta tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis.

Untuk memudahkan peserta secara teknis, pemotretan dapat menggunakan segala jenis kamera digital, baik DLSR, kamera pocket, prosumer & mirroless, asal tidak menggunakan drone.

Ingat, foto merupakan karya sendiri, belum pernah memenangkan lomba, termasuk bukan merupakan foto yang mirip dengan foto pemenang lomba sebelumnya. Foto yang dikirimkan juga bukan foto yang sedang terikat dengan pihak ketiga.

Setiap peserta diberi kebebasan untuk mengirimkan maksimal 5 buah foto. Jika peserta mengirimkan melebihi dari ketentuan, maka panitia akan memilih lima foto secara acak, tanpa memberitahukan kepada peserta.

Baca Juga :  Kota Solo Tuan Rumah HUT Dekranas-PKK ke-44, Ada Penampilan Rossa, Judika Hingga Yovie & Nuno

Artinya, jika kalian punya lebih dari lima foto, maka alangkah baiknya jika kalian sendiri yang memilih maksimal 5 foto untuk dikirimkan. Pikirkan matang dulu mana foto yang akan dikirim, karena peserta tidak diperkenankan mengganti foto yang sudah dikirim dengan foto lainnya.

Foto dikirimkan dalam wujud file diital dengan  format JPG dengan nama file: Nama lengkap_Judul Foto_Lokasi Objek_Nomor Handphone pada file foto. Sisi terpanjang 2500 pixel, resolusi300 dpi.

Contohnya adalah sebagai berikut: Rana Bumi_Loji Gandrung_Jalan Slamet Riyadi_08123456700.

Setiap karya foto yang dikirimkan, wajib disertai dengan caption atau narasi singkat sekitar 50 kata, dalam format Pdf atau Word melalui isian formulir yang tersedia.

Setiap peserta wajib menyertakan identitas berupa nama peserta, alamat, nomor handphone yang aktif, serta wajib melampirkan kartu identitas, baik KTP, SIM, Paspor atau kartu pelajar.

Peserta diperbolehkan melakukan olah digital asalkan sewajarnya, misalnya seputar level, saturasi, croping, dodging dan burning. Namun peserta dilarang melakukan penggabungan satu atau lebih file foto.

Foto yang dikirimkan tidak diperkenankan mengandung unsur provokasi, pornografi,merendahkan citra sebuah institusi ataupun yang mengandung unsur SARA.

Hak cipta foto tetap di tangan fotografer, namun panitia dan Pemerintah Kota Surakarta diijinkan menggunakan foto pemenang atau peserta lomba untuk kepentingan publikasi atau pameran.

Panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai foto yang dikirimkan, apabila terjadi penuntutan  kepemilikan atau hak cipta atas foto yang dikirim. Apabila terjadi penuntutan, hal tersebut hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab fotografer.

Baca Juga :  Diiringi Gamelan Jawa, Astrid Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Solo ke Gerindra

Apabila ditemukan kecurangan dari peserta, maka panitia berhak mendiskualifikasi peserta, baik sebelum, selama maupun sesudah penjurian.

Batas akhir pengiriman foto pada 15 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB, sementara pengumuman pemenang akan dilakukan pada 23 Oktober 2022, di mana peserta akan dihubungi lebih lanjut.

Adapun 50 karya foto terpilih, akan dipamerkan secara luring di Pendapi Balaikota Surakarta dan secara daring di akun media sosial  milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta.

Pajak hadiah ditanggung pemenang, dan keputusan dewan juri bersifat mutlak, tidak bisa diganggu gugat. Panitia juga tidak melayani korespondensi yang berkenaan dengan hasil lomba.

Jika kalian masih bingung mau mengambil objek foto situs bersejarah di mana, kalian tinggal buka aplikasi Solo Destination. Peserta diwajibkan follow instagram @pariwisatasolo dan @disbudpar ska.

Kalian sudah mantab? Silakan kirim karya foto kalian melalui tautan: https://bit.ly/fotossitussejarah dan mengisi seluruh isian formulir yang tersedia.

Nah, dengan mengirimkan karya foto kalian, maka peserta dianggap telah menyetujui seluruh persyaratan di atas.

Perlu diketahui, lomba ini melibatkan dewan juri dari akademisi, profesional dan dari Disbudpar Kota Surakarta.

Lomba ini juga terselenggara berkat support dari sejumlah pihak, antara lain event Solo, Metta SoloFM, Beritasolo.id, Solo Info dan Visit Surakarta.

Yuks, tunggu apa lagi, selamat berkompetisi dengan gembira! Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com