JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tips Menghasilkan Foto Produk Super Keren, Hindari Hal hal ini

Foto produk
Pelatihan tips menghasilkan foto produk super keren. Dok. STAIMAS Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berikut ini tips menghasilkan foto produk super keren, dilengkapi kiat menulis untuk berdakwah.

Deretan tips menghasilkan foto produk super keren dan kiat menulis itu diikuti mahasiswa KPM Tematik Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti KPM Tematik STAIMAS Wonogiri di Ponpes Al Ibanah Purwantoro Wonogiri.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (15/10/2022), hadir sebagai pembicara dosen prodi KPI STAIMAS Wonogiri Nadhiroh, dan Tutut Nur Trias Wijayanti.

Tutut mengajak mahasiswa mengambil foto yang menarik baik untuk foto produk maupun sebagai pendukung berita.

Dia menyampaikan perlunya persiapan sebelum memotret produk. Yaitu, ruangan atau tempat, background foto, pencahayaan, kamera ponsel, produk, properti dan model.

Tutut membagikan tips-tips untuk menghasilkan foto produk yang maksimal. Yaitu, menggunakan resolusi semaksimal mungkin, hindari penggunaan zoom, gunakan background yang sesuai, pencahayaan yang baik dan memanfaatkan fitur editing.

Baca Juga :  Daftar Persiapan untuk Menyambut Hari Pertama Sekolah di Jateng, 22 Juli 2024 Telah Mendekat

Dia menguraikan perbesaran gambar dengan fitur zoom hanya akan membuat foto menjadi pecah dan beresolusi rendah sehingga foto menjadi kurang tajam. Penggunaan background yang tepat akan menghasilkan foto yang lebih baik.

“Background polos akan membuat produk yang difoto terlihat lebih elegan. Background dengan aksesn senada dapat menonjolkan nilai dari produk yang difoto,” ujar dia.

Terkait pencahayaan, Tutut menyebutkan lampu duduk dapat digunakan dengan dipasang di kanan atau kiri produk. Selain itu, imbuhnya, dapat memanfaatkan cahaya matahari untuk hasil yang lebih alami.

“Hindari penggunaan lampu flash pada smartphone karena justru akan merusak hasil tangkapan kamera,” jelas dia.

Sementara Nadhiroh yang merupakan mantan wartawan sebuah koran harian itu mengajak mahasiswa KPM Tematik STAIMAS Wonogiri rajin menulis, termasuk menyampaikan kegiatan pengabdian di masyarakat.

Baca Juga :  Seko Mangan Nganti Nurut Dawane Dalan Takturuti Bikin Buket Snek di Mojopuro Wuryantoro Wonogiri

“Menulis bukan untuk pamer. Mari niati ibadah. Bisa digunakan untuk sosialisasi dan publikasi serta jalan berdakwah. Apalagi jika tulisan itu bermanfaat,” beber Nadhiroh.

Menurut Nadhiroh, mahasiswa harus memperhatikan akurasi informasi yang akan disampaikan kepada publik. Dia menyebutkan di dalam menulis berita, sedikitnya mahasiswa menyebutkan unsur-unsur 5 W + 1 H. Yaitu, who, what, where, when, why dan how.

“Berbagai kegiatan di masyarakat yang akan diberitakan idealnya didukung foto yang menarik. Sehingga berita akan lebih hidup dan berbicara,” lanjut dia.

Pelatihan itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa KPM Tematik yang sedang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Dangkrang dan Dusun Sambitileng Kelurahan Purwantoro. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com