JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Banjir Paranggupito Gegara Luweng Tersumbat, Belasan Rumah Sempat Terendam

Banjir
Pengecekan banjir Paranggupito Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Banjir Paranggupito Wonogiri kembali terjadi. Dampaknya belasan rumah sempat terendam.

Informasi yang dihimpun, banjir Paranggupito terjadi dipicu hujan deras dengan durasi lama pada Sabtu (5/11/2022) malam. Di sisi lain luweng sebagai drainase alami tidak berfungsi maksimal gegara luweng tersumbat.

Akibatnya terjadi genangan di pemukiman dan jalanan. Namun genangan terus surut.

Genangan terlihat jelas di Dusun Guntur Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Sedikitnya 13 rumah sempat terendam, pun akses menuju Pantai Nampu ikut tenggelam.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, Minggu (6/11/2022) membeberkan, telah dilaksanakan pengecekan wilayah yang terdampak akibat hujan deras dengan durasi lama di Kecamatan Paranggupito Wonogiri.

Baca Juga :  Awasi Anak Kecil saat Piknik ke Pantai Klothok Sembukan hingga Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Bolo

Pengecekan dari Kapolsek Paranggupito Iptu Susanta, beserta anggota, dan Sat Samapta Polres Wonogiri dipimpin Kasat Samapta Polres Wonogiri AKP Supardi, serta unsur Pemkab Wonogiri.

Hasil pengecekan di Dusun Guntur Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito Wonogiri, air masih menggenang di ruas jalan sepanjang 15 meter dengan ketinggian 50 sentimeter. Akses jalan masih bisa dilewati kendaraan.

“Kejadian (banjir Paranggupito) ini diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi dan tidak ada drainase hanya mengandalkan luweng, padahal luweng tersumbat. Ketika hujan deras dengan kapasitas tinggi luweng tidak bisa menyerap air sepenuhnya,” beber Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono.

Baca Juga :  Lebaran 2024 Telah Berlalu Saatnya Kembali ke Rutinitas, Bekerja dan Belajar Bolo

Pengecekan di Dusun Ngasem Desa Paranggupito Wonogiri terdapat air menggenang di ruas jalan sepanjang 5 meter dengan ketinggian 10 sentimeter. Air menggenangi ladang milik warga dengan ketinggian air 50 sentimeter.

“Mengingat intensitas hujan di wilayah Paranggupito akhir akhir ini sangat tinggi perlu dilaksanakan monitor dan antisipasi bersama semua elemen untuk tanggap terhadap kemungkinan kejadian bencana,” sebut Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono.

Terpisah, Camat Paranggupito Catur Susilo Prono menuturkan, berdasarkan laporan yang didapatnya, banjir terjadi di sejumlah dusun di Desa Gudangharjo, Paranggupito, Gunturharjo, Johunut, dan Sambiharjo. Musibah lainnya yakni tanah longsor di Dusun Plawon Desa Gunturharjo. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com