JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Teror di Polsek Astanaanyar Bandung, Satu Bom Meledak, 11 Korban Luka dan 2 Tewas, 1 Bom Lainnya Terpental

Agus Sujatno alias Agus Muslim, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Hasil identifikasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian menindikasikan bahwa bom yang dibawa oleh pelaku bom bunuh  diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, adalah jenis bom panci.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dansat Brimob Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yuri Karsono.

Sementara itu, berdasarkan temuan di tempat kejadian perkara (TKP), Polda Jabar mendapati sejumlah material yang identik dengan bom panci yakni paku, bentuk baterai 9 volt, serta residu bahan peledak jenis Triaceton Triperoxide atau Aseton Peroksida (TATP).

“Jenis bom yang meledak adalah jenis bom rakitan, dirakit dalam bentuk panci. Biasanya didengar dengan bom panci. Isi dari bom panci itu diantaranya yang kita temukan di TKP, paku, bentuk baterai 9 volt, kemudian kita dapati residu TATP,” kata Yuri dalam konferensi pers di Polrestabes Bandung, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Dikatakan, tim Penjinak Bom (Jibom) dari Korps Brimob dan Satbrimob Polda Jawa Barat, serta Puslabfor tengah mengkaji dan mendalami berapa ukuran daya ledak dari jenis bom rakitan yang digunakan pelaku.

“Terkait daya ledaknya, tim kami dari Jibom dan Puslabfor lagi mengkaji itu nanti kita sampaikan kemudian. Terkait rangkaian lainnya kami masih mendalami teman dari Jibom Korps Brimob dan Satbrimob Polda Jawa Barat sedang mendalami, nanti akan kita sampaikan setelah lengkap,” ungkap dia.

Sebagaimana diberitakan, pelaku bom bunuh diri diketahui membawa dua bom. Bom pertama dimasukkan dalam ransel yang dibawa di punggung, sementara bom kedua dibawa pada bagian dada.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Namun dalam peristiwa Rabu kemarin, hanya satu bom yang meledak, yakni bom pada bagian punggung pelaku atau bom di dalam ransel. Sedangkan saat meledak, bom yang dilekatkan di bagian dada pelaku terpental.

Dalam peristiwa ini, 11 orang menjadi korban. Sebanyak 10 korban luka-luka, satu korban yang merupakan anggota polisi meninggal dunia.

Berdasarkan pemeriksaan sidik jari dan face recognition, pelaku bom bunuh diri teridentifikasi atas nama Agus Sujatno alias Agus Muslim.

Agus pernah ditangkap terkait aksi terorisme di Cicendo, Bandung, Jawa Barat dan sudah sempat ditahan selama empat tahun penjara. Ia bebas pada September 2021 lalu.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com