JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Relawan Jokowi Pecah Beberapa Faksi, JoMan: Ada yang Incar Kursi, Ada yang Cari Duit

Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer (kanan) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Relawan Jokowi yang semula kompak sejak Pilpres 2014 dan 2019, kini mulai menunjukkan keterbelahan.

Hal itu diakui benar oleh Koordinator Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer.

Menurut pria yang akrab disapa Noel itu, keterbelahan para relawan Jokowi itu kata dia tak terlepas dari kepentingan masing-masing kelompok.

Hal itu diketahui karena Noel merupakan bagian dari relawan JoMan tersebut.

“Kalau Anda bilang ada 2 faksi sih tidak, (tapi) berfaksi-faksi. Ada kelompok yang (mengusung wacana) 3 periode, ada kelompok nyari duit dengan nyari event, wah, macam-macam lah,” kata Noel dalam diskusi bersama KedaiKopi ‘Ngopi dari Seberang Istana’ di Amaris Hotel, Juanda, Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga :  Hasto Sebut, untuk Bertemu Megawati, Presiden Jokowi Harus Lewat Anak Ranting

Dengan banyaknya kelompok tersebut dinilai Noel menjadi tantangan tersendiri bagi kualitas demokrasi Indonesia ke depan.

Relawan yang seharusnya mendukung sesuai dengan hati dan suara nurani, malah seakan berusaha untuk memanfaatkan penguasa.

“Ada yang mau perpanjang jabatannya, ada yang (karena) sedikit lagi pemilu ‘banyak menteri mau mundur gue eksis, ah, biar bisa jadi menteri’. Nah banyak,” ucap dia.

Ia pun mencontohkan relawan pemimpin di Amerika yang langsung membubarkan diri ketika proses demokrasi sudah selesai.

Berbeda dengan relawan Jokowi, kelompok relawan ini justru menjadi kelompok periferi bahkan hingga mendapat bagian dalam lingkaran pemerintah.

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

“Kalau di Amerika kultur bagus relawan itu, tapi ketika sudah proses demokrasi mereka membubarkan diri. Tapi di era Jokowi masuk menjadi kelompok periferi, kelompok pinggiran jadi komisaris dan sebagainya tidak lebih dari itu,” jelasnya.

Hal tersebut bagi Noel jadi merendahkan diri para relawan dan juga presiden.

Padahal, lanjutnya, relawan itu harusnya menjadi pengawal dalam segala kebijakan yang dibuat oleh tokoh yang mereka dukung.

“Jadi kualitasnya merendahkan dirinya dan merendahkan presiden. Cukup dikasih jabatan ini senang, menyenangkannya sebatas itu saja, padahal relawan yang sebenernya mengawal kebijakan. Jadi watchdog,” katanya

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com