JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Atasi Demam Anak Secara Alami dengan Obat dan Cara Tradisional Ini

Ilustrasi anak sakit demam. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Musim hujan membuat banyak orang terutama anak-anak terserang berbagai penyakit mulai dari flu, batuk, hingga demam. Hal itu desebabkan oleh metabolisme tubuh yang melemah, apalagi anak-anak yang sangat rentan terkena penyakit.

Untuk demam bisa ditimbulkan oleh banyak hal seperti bakteri dan virus yang menyerang tubuh seseorang.

Selain dengan obat kimia, penanganan pertama demam bisa dilakukan dengan menggunakan obat tradisional. Cara tradisional ini juga efektik menurunkan demam anak.

berikut 10 obat penurun panas anak alami, tradisional, dan efektif yang wajib Anda lakukan!

1. Kompres Air Hangat
Demam memang selalu datang tiba-tiba dan kapan saja, namun terkadang anak seringkali demam di malam hari yang membuat orangtua kebingungan karena tidak semua apotek dan klinik di Indonesia buka selama 24 jam. Untuk itu, obat tradisional anak demam malam memang harus disiapkan, salah satunya ialah kompres anak dengan air hangat.

Kompres air hangat ternyata bisa menjadi obat tradisional meredakan kepala bayi panas secara efektif, caranya mudah sekali. Anda hanya perlu menyiapkan handuk kecil, baskom dan air dingin. Tempatkan kompresan pada dahi, dada, perut, atau ketiak ketika sang anak berbaring. Diamkan kompresan selama 20-30 menit, lalu kompres berulang jika kompresan sudah mulai kering atau terasa panas kembali.

2. Air Kelapa
Air kelapa sangat baik sebagai obat penurun panas anak yang bagus alami karena mengandung vitamin, mineral, dan elektrolit yang dapat memenuhi kekurangan cairan tubuh dan menyegarkan tubuh akibat demam.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

3. Lemon dan Madu
Lemon dan madu sangat efektif sebagai obat penurun panas anak 2 tahun alami karena dapat memperkuat kekebalan tubuhnya secara cepat. Anda hanya cukup menambahkan 2 sdm madu ke dalam segelas kecil jus lemon, dan berikan pada anak untuk meminum kombinasi lemon dan madu yang sangat menyegarkan ini.

4. Bawang Merah dan Minyak Kayu Putih
Bawang merah ternyata mampu dijadikan sebagai obat tradisional penurun panas bayi 9 bulan. Bahan alami ini memang ampuh untuk menurunkan suhu tubuh dan mengurangi rasa sakit, caranya hanya dengan mengiris bawang merah tersebut lalu mencampurkannya dengan minyak kayu putih dan balurkan ke tubuh anak.

5. Peppermint
Peppermint dikenal karena memiliki kandungan menthol yang tinggi, untuk itu ini sangat direkomendasikan sebagai obat penurun panas anak yang bagus alami, tradisional, dan efektif. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyajikannya dengan membuat teh peppermint hangat untuk anak anda agar demamnya segera mereda.

6. Lidah Buaya
Tanaman obat ini memang dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai obat demam tradisional. Lidah buaya dapat digunakan langsung untuk menurunkan demam, dengan cara meminum olahan gel lidah buaya atau mengoleskan gelnya agar kulit terasa dingin untuk segera menurunkan demamnya.

7. Jahe dan Madu
Jahe memang tidak boleh ketinggalan sebagai pioner obat penurun panas anak tradisional, apalagi jahe ini dikenal dapat mengatasi berbagai macam penyakit karena mengandung antibakteri yang dapat melawan berbagai gejala penyakit umum.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Menggunakan jahe sebagai penurun panas anak caranya cukup mudah, yakni dengan membuatkan minuman hangat dengan irisan jahe yang ditambah dengan madu sesuai selera Anda.

8. Buah dan Sayur
Penjual sayuran dan buah menggunakan masker dan alat pelindung wajah saat melayani pembeli di pasar tradisional Sukasari, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 4 Juni 2020. Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor melengkapi sejumlah pedagang di pasar tradisional tersebut dengan masker dan alat pelindung wajah (face shield) jelang penerapan kehidupan normal baru (new normal) sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19. ANTARA

Sayur dan buah memang sangat direkomendasikan untuk menurunkan demam alami, buah-buahan seperti melon, semangka, stroberi, dan sayuran seperti mentimun dan kembang kol dapat anda sajikan sebagai smoothie atau salad.

Buah-buahan dan sayur yang mengandung air adalah pilihan terbaik agar demamnya segera mereda dan anak dapat beraktivitas kembali.

9. Sup Ayam
Sup ayam adalah solusi terbaik agar demam segera mereda, karena terkadang anak sangat susah minum banyak air putih dan ia membutuhkan lebih banyak cairan untuk memulihkan tubuhnya. Untuk itu, sup ayam dapat dijadikan solusi karena mengandung protein yang mampu meningkatkan energi tubuhnya.

10. Asi
Obat penurun panas bayi 0-6 bulan alami disaat demam ialah ASI, cairan dan nutrisi sangat dibutuhkan bayi agar tetap terhidrasi. Asi juga ternyata mengandung antibodi yang dapat memulihkan bayi dari demamnya, tidak heran jika ASI disebut obat tradisional penurun panas bayi 0-6 bulan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com