JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Pas Harga Tinggi, Hama Patek Serang Tanaman Cabai di Boyolali: Petani Terpaksa Lakukan Panen Dini

Hama patek atau busuk buah menyerang sebagian tanaman cabai di wilayah Boyolali. Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hama patek atau busuk buah menyerang sebagian tanaman cabai di wilayah Boyolali. Kondisi ini membuat pusing sejumlah petani.

Bagaimana tidak, disaat harga cabai tinggi, mereka tak bisa sepenuhnya menikmati. Saat ini, harga cabai di tingkat petani berkisar antara Rp 70 ribu- Rp 80 ribu/kg. Namun, karena terserang patek, maka harga jual hanya berkisar Rp 40 ribu- Rp 50 ribu.

Itupun panen tak bisa maksimal. Biasanya dalam sekali panen dirinya bisa memetik cabai hingga 10 kilogram. Panen dilakukan setiap tiga hari sekali. Namun karena hama patek, dia hanya bisa panen 5 sampai 6 kilogram saja.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Rugi, mas. Karena patek, hasil panen jadi merosot,” katanya, Selasa (10/1/2023).

Dijelaskan, serangan patek disebabkan cuaca ekstrem belakangan ini.

“Kalau sudah terserang patek, sulit untuk diobati. Sudah disemprot pestisida, namun tanaman tetap kena juga. Kami hanya bisa pasrah.”

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Boyolali, Bambang Jianto mengaku sudah mendapat laporan adanya penyakit patek yang menyerang tanaman cabai. Hanya saja, belum ada laporan serangan dalam skala luas.

Baca Juga :  Polres Boyolali Gelar Sidang Tipiring di Luar Kantor Pengadilan, Semua Terkait Kepemilikan Ciu

“Ada laporan, namun hanya skala kecil. Namun setiap laporan langsung ditindaklanjuti dengan penyemprotan pestisida maupun pemberantasan yang ramah lingkungan.”

Ditambahkan, cuaca ekstrem memang membuat tanaman cabai mudah diserang penyakit patek. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Colletroticum capsici yang timbul saat kondisi lingkungan lembab.

“Seperti ketika musim hujan ekstrem sekarang ini, tentu menjadi momok bagi petani cabai.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com