JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Sayuran ini Tidak Perlu Dikupas Kulitnya karena Mengandung Banyak Nutrisi

Kentang. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebagian besar sayur harus dikupas kulitnya sebelum dimasak. Tetapi ada juga beberapa sayur yang disarankan untuk tidak dikupas kulitnya dengan alasan kulitnya mengandung serat dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa jenis sayur yang tidak harus dikupas, karena kulit sayuran mengandung antioksidan, serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi daripada dagingnya.

Melansir TheHealthy, berikut adalah beberapa sayuran yang tak perlu dikupas kulitnya untuk mendapatkan nutrisi maksimal:

1. Mentimun

Kulit mentimun mengandung vitamin K, serat, dan potasium. Namun kulit mentimun bisa berlilin, jadi pastikan untuk mencucinya dengan baik untuk menghilangkan lapisan lilin pada kulitnya.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

2. Terong

Pertahankan kulit terung jika menginginkan serat ekstra, flavonoid, dan magnesium. Alasan lain untuk tidak mengupas kulit terong juga karena kandungan air. Terong memiliki konsentrasi air yang tinggi. Kulit sayuran ini adalah tempat sebagian besar nutrisi berada.

3. Kentang

Banyak masyarakat yang ketika memasak kentang selalu mengupas kulitnya. Padahal, kulit kentang mengandung serat, zat besi, vitamin C, potasium, dan folat. Alih-alih menghilangkan manfaat bergizi tersebut, gunakan sikat sayur untuk menggosok kentang dengan lembut sebelum dimasak.

4. Wortel

Mengutip dari Prevention, kulit wortel kaya akan senyawa yang disebut poliasetilen, dan potensinya untuk membunuh sel kanker manusia dalam tabung reaksi. Mereka mungkin memiliki efek antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi juga. Senyawa ini terkonsentrasi tepat di bawah kulit wortel. Jika ingin membuangnya, gunakan pengupas dan buang hanya potongan tipis saja.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

5. Lobak

Lobak putih atau yang dikenal juga sebagai daikon merupakan sayur yang memiliki bentuk seperti wortel. Lobak putih sebaiknya juga tidak dikupas kulitnya. Kulit lobak putih diketahui dapat menambah tekstur renyah dalam makanan. Lobak juga biasa diolah menjadi banyak sajian, seperti sup, jus, atau sekadar hiasan pada hidangan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com