JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

TNI Perangi Stunting Melalui Program Manunggal Air di Babadan Banaran Pracimantoro Wonogiri

Manunggal air
Peresmian sumur bor sekaligus program Manunggal Air di Dusun Babadan Banaran Pracimantoro Wonogiri. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – TNI AD menunjukkan komitmen kuat dalam perangi stunting dengan mengimplementasikan Program Manunggal Air.

Program inovatif ini bertujuan memastikan ketersediaan air bersih, yang merupakan salah satu faktor utama dalam upaya percepatan penurunan angka stunting.

Pada hari Selasa, tanggal 25 Juli 2023, peresmian penggunaan fasilitas air bersih dalam Program TNI-AD Manunggal Air TA 2023 serta pencanangan penurunan stunting secara virtual telah dilaksanakan di RT 2 RW 3, Dusun Babadan Banaran Pracimantoro Wonogiri. Acara ini secara virtual dihadiri oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Sebelumnya, Kodim 0728 Wonogiri telah berhasil menyelesaikan pembuatan sumur bor yang sudah dapat dinikmati oleh masyarakat di Dusun Selur Desa Ngargoharjo, Kecamatan Giritontro. Sumur bor ini memiliki kedalaman 192 meter dan menghasilkan debit air sebesar 0,4 Liter per detik.

Baca Juga :  Daftar Peluang Usaha Menguntungkan Saat Cuaca Dingin Bediding

Selain itu, sumur bor juga telah dibuat di Dusun Babadan Banaran Pracimantoro Wonogiri, dengan kedalaman 80 meter dan debit air sebesar 1,8 liter per detik.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Deny Octavianto, Kasdim Mayor Inf Iman Maulana Sirod, beberapa perwira staf, Camat Pracimantoro Warsito, Danramil Pracimantoro Kapten Inf Moch. Sambudi, Kapolsek Pracimantoro Iptu Bunal Eko Trilaksono, dan Kadus Edi Sulistiyo.

Selain mengikuti acara secara virtual, Kodim 0728 Wonogiri juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan sembako kepada warga serta nutrisi tambahan kepada anak-anak yang mengalami stunting.

Baca Juga :  Semarak Turnamen Bola Voli Galaxy Cup 2024 di Ngadirojo Wonogiri

Dandim 0728 Wonogiri, Letkol Inf Deny Octavianto, menyampaikan bahwa pihaknya turut berperan aktif dalam mensukseskan program dari Komando Atas dengan menyediakan sumur bor untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Dengan tercukupinya pasokan air bersih, diharapkan dapat berdampak positif dalam upaya penurunan angka stunting,” ujar Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Deny Octavianto.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Deny Octavianto mengimbau kepada warga agar menjaga dan merawat sumur bor yang sudah ada, sehingga sumur tersebut dapat bertahan lama dan terus dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com