JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

5 Tol Digratiskan Saat Libur Nataru, Termasuk Tol Solo-Yogyakarta

Proyek jalan tol Solo-Yogyakarta yang melalui Dukuh Kliteh, Desa Jatirejo, Kecamatan Sawit, Boyolali. Waskita

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah akan membuka secara fungsional untuk lima ruas jalan tol pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama libur akhir tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada 192 kilometer lebih jalan tol fungsional yang dibuka saat libur Nataru. Kelima ruas tol itu berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI, dan lembaga lain untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana,” kata Basuki dalam rapat di Komisi Transportasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa, (21/11/2023).

Baca Juga :  Ternyata, Merawat Gigi Susu Tak Cuma Dengan Gosok Gigi Lho

Kelima ruas tol yang difungsikan saat libur Nataru itu tiga di antaranya berada di Tol Trans Sumatra, yakni 71 kilometer di Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, tepatnya di seksi Tebing Tinggi-Dolok Merawan-Sinaksak. Kemudian di Jalan Tol Bangkinang-Tanjung Balai seksi Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer.

Selanjutnya, ada di Jalan Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 kilometer. Kemudian dua lainnya berada di Tol Trans Jawa, pertama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 kilimeter dan yang kedua di Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) ruas Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer.

Baca Juga :  Gugatan Atas Dirinya Ditolak, Almas Tsaqibbirru Malah Ajukan Banding atas Putusan Gugatan Rp 204 Triliun

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero), Koentjoro mengatakan bahwa ruas jalan jalan yang dibuka fungsional itu telah layak pakai kendaraan, meskipun operasinya masih terbatas dan diawasi ketat oleh kepolisian.

“Layanannya minimum. Biasanya dibuka saat terang, mulai pukul 06.00 hingga 17.00, sesuai dengan kewenangan kepolisian,” ujar Koentjoro, dikutip dari Tempo.co hari ini, Selasa, 5 Desember 2023.

Berikut daftar 5 ruas tol yang dibuka fungsional dan digratiskan.

1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat
2. Tol Bangkinang-Tanjung Alai seksi Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer
3. Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura
4. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ruas Sadang-Kutanegara
5. Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com