JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Tema dan Jadwal Debat Capres 2024,Sudah Beberapa Kali Ikut Debat Capres, Prabowo Tak Perlu Persiapan Khusus

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengenakan baju biru saat hendak mendaftar ke KPU, Rabu (25/10/2023) | tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pernah dua kali mengikuti debat calon presiden, membuat Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM),  Prabowo Subianto merasa tak perlu persiapan khusus.

Menurut Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani, Prabowo sudah sangat memahami pola dan tema yang diangkat.

Ia mengatakan, Prabowo-Gibran sudah siap mengikuti debat Pilpres perdana.

Rosan bahkan menegaskan tak hanya satu dua kali Prabowo mengikuti debat. Pun jika diperhatikan, tema-tema debat yang diangkat sudah sangat dipahami Prabowo.

“Pak Prabowo ini kan bukan kali pertama untuk beliau ya, jadi kalau dilihat topik-topiknya sejauh ini topik yang beliau sudah sangat sangat memahami dan mengetahui secara komprehensif,” ujar Rosan kepada awak media di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Namun, meski tak ada persiapan khusus, kedua pasangan ini, masih tetap melakukan diskusi dengan para pakar ihwal tema-tema debat terkait.

Baca Juga :  31,4 Persen Masyarakat Percaya Banyak Kecurangan di Pemilu 2024

“Tetap ya diskusi dengan akademia dan praktisi tentunya selalu dilakukan dan juga termasuk mas Gibran,” tuturnya.

“Ya, tapi enggak ada persiapan khusus ya. Kita lihat topiknya yang memang sudah dilakukan setiap hari Prabowo dan mas Gibran,” sambungnya.

Rincian Jadwal dan Tema Debat

KPU RI telah merancang tema debat capres cawapres peserta Pilpres 2024. Adapun berikut tema debat capres cawapres Pilpres 2024:

– Debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

– Debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

– Debat ketiga: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

– Debat keempat: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.

– Debat kelima: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

KPU RI telah menetapkan tanggal debat capres cawapres yang bakal berlangsung di Jakarta, yakni pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2023, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca Juga :  Cuma Menjabat 8 Bulan Saja, AHY Pegang Rekor Menteri Tersingkat di Kabinet Jokowi

Ada total enam segmen dalam lima kalo debat pasangan capres cawapres mendatang.

Hal itu tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum.

Debat bakal dilakukan dengan durasi 150 menit dengan rincian 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda iklan.

Adapun format debat pasangan calon dilakukan dengan format kandidat-moderator. Debat pasangan calon dan pendalaman materi akan dipandu oleh moderator.

Masing-masing capres-cawapres tidak boleh diwakili orang lain dalam acara debat ini.

Apabila masing-masing berhalangan hadir, ia harus membawa bukti keterangan pihak terkait dan menyampaikannya ke KPU maksimal 3 hari sebelum debat dihelat.

Hal ini diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com