JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kodim 0728 Wonogiri Temukan Solusi Atasi Abrasi Waduk Gajah Mungkur Longsor hingga Banjir, Seperti ini Loh

Penanaman bibit pohon
Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menanam bibit pohon di area sabuk hijau atau Greenbelt Waduk Gajah Mungkur Wonogiri di Dusun Karangtengah Desa Gambiranom Kecamatan Baturetno Wonogiri, Sabtu (9/12/2023). Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Akhirnya Kodim 0728 Wonogiri menemukan sekaligus menerapkan solusi atas abrasi Waduk Gajah Mungkur, ancaman longsor, hingga banjir.

Solusi atas abrasi Waduk Gajah Mungkur dan ancaman bencana lainnya itu dilaksanakan secara serentak pada Sabtu (9/12/2023).

“Dalam upaya menanggulangi terjadinya bencana, Kodim 0728 Wonogiri secara masif melaksanakan beberapa kegiatan karya bakti. Kali ini kegiatan yang dilaksanakan berupa penanaman pohon yang bertempat di lahan kosong sabuk hijau atau Greenbelt Waduk Gajah Mungkur Dusun Karangtengah Desa Gambiranom Kecamatan Baturetno Wonogiri. Kegiatan serupa dilakukan secara serentak di semua Koramil jajaran,” ungkap Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono usai memimpin penanaman ribuan bibit pohon di Greenbelt Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Penanaman pohon dilaksanakan dengan menggandeng TNI beserta seluruh komponen masyarakat baik dari pelajar, instansi pemerintahan, relawan dan warga.

Baca Juga :  Akhirnya Komunitas Belajar MKKS SMP Rayon Wonogiri Gelar Berbagi Praktik Baik

Acara turut dihadiri Wabup Wonogiri Setyo Sukarno, Kabagren Polres Wonogiri Kompol Dwi Kristianto, Camat Baturetno Eko Nur Haryono dan Kepala Desa se-Kecamatan Baturetno.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono dalam kesempatan tersebut menyampaikan, penanaman pohon ini kita laksanakan secara masif di wilayah Kodim 0728 Wonogiri bersama dengan stakeholder beserta seluruh komponen masyarakat.

“Sasarannya adalah lahan gundul yang berpotensi longsor, dan lahan kosong di pinggiran Waduk Gajah Mungkur yang dekat pemukiman,” ungkap Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono.

Menurut Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono, tujuan dilaksanakan penanaman pohon adalah tidak terjadi tanah longsor maupun banjir.

Khusus untuk di pinggiran Waduk Gajah Mungkur ini, agar tidak terjadi abrasi atau pengikisan tanah.

Baca Juga :  Josss! BPR BKK Wonogiri Masuk Peringkat Empat Besar Kinerja Terbaik di Jateng

Pasalnya jika hal ini dibiarkan akan membahayakan masyarakat sekitar. Terlebih pada saat curah hujan tinggi yang menyebabkan air meluap, sehingga air akan sampai ke pemukiman.

Begitu juga dengan lokasi tanah gundul di daerah pegunungan yang sangat berpotensi longsor dengan resiko tinggi bencana alam.

“Dengan penanaman pohon ini, harapan saya akan menjadi solusi agar tidak terjadi bencana tanah longsor maupun banjir, yang disebabkan meluapnya air di Waduk Gajah Mungkur. Sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan nyaman tanpa adanya rasa was was dengan kemanan dirinya “, tegas Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono.

Sebelumnya, Kodim menggelar pembersihan aliran sungai di Lingkungan Kedungringin Giripurwo Wonogiri serta aksi kebersihan seputar Pasar Giriwoyo Wonogiri. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com