JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ramai Jadi Perbincangan, Ditanya Serius Soal Lapangan Kerja Buat Milenial, Gibran Njawab Singkat: Jadi Pengusaha Aja

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyalami peserta Jalan Sehat Satu Putaran di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh simpatisan dan kader partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 | tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sempat menjadi perbincangan ramai.

Hal itu dipicu oleh jawaban Gibran yang terkesan “asal-asalan” dan tidak mendasar saat ditanya mengenai lapangan pekerjaan untuk kaum milenial

Walikota Solo itu mendapatkan sorotan publik karena jawabannya dinilai terkesan asal dan tidak sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

Dalam video singkat yang beredar di media sosial X (dulu Twitter), terlihat Gibran yang mengenakan kemeja berwarna biru sedang dikerumuni oleh massa pendukungnya.

Kemudian, seorang wanita memberikan pertanyaan kepada Gibran tentang cara mengatasi sulitnya mencari pekerjaan di masa sekarang.

“Kebetulan saya merasa bahwa saya ‘kan menemukan kaum anak millenial dan saya merasa bahwa lapangan pekerjaan sekarang itu sangat sulit digapai karena banyaknya permainan  orang dalam. Apa solusi terbaik dari Mas Gibran,” ucap perempuan dalam video yang diunggah oleh akun X @BosP****, dikutip Kamis (30/11/2023).

Dalam unggahan yang menerima lebih dari 4,8 juta tayangan tersebut, Gibran menjawab agar perempuan tadi menjadi pengusaha saja. Terlebih latar belakang pendidikan perempuan itu adalah S2 atau magister.

“Jadi pengusaha. S2 masa enggak berani jadi pengusaha, ya. Masih mau ngelamar kerja? Jadi pengusaha aja, ya,” kata Gibran menjawab pertanyaan tersebut.

Selain itu, Gibran juga mengatakan agar anak muda menciptakan lapangan pekerjaan baru dan belajar untuk mandiri.

Baca Juga :  Masih Berkutat di Bawah 4%, Burhanuddin Muhtadi: Mendingan PSI Legawa Tak Lolos Parlemen

“Enggak usah ikut orang. menciptakan lapangan pekerjaan, mandiri, dan belajar ya,” ujar putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut.

Jawaban Gibran itu pun tak ayal menuai berbagai reaksi dari warganet di media sosial X. Bahkan, beberapa menilai bahwa Gibran asal menjawab karena tidak menyentuh akar permasalahannya sama sekali. Berikut beberapa reaksi warganet.

“Sorry yaaa but excuse my language, tapi ini jawaban koplak. Sama sekali enggak menyentuh akar permasalahan yang ditanyakan. Malah terkesan asal…,” tulis warganet dengan akun @Widas*****.

“Bayangin lagi ditanya soal lapangan kerja yang kaitannya akan kemana-mana sampai ke kemiskinan struktural dan pendidikan kita yang enggak aksesibel dan merata, tapi dengan entengnya dijawab ‘jadi pengusaha’…,” komentar @cinnam*******.

“Problem yang terjadi di dalam dunia kerja salah satunya adalah nepotisme. Gibran adalah perwujudan paling telanjang dan puncak dari Nepotisme di Indonesia,” kata @GTa****.

Ada di Visi Misi

Dalam dokumen visi-misi yang dirilis oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, salah satu misi yang diusung oleh calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua tersebut adalah mendorong kewirausahaan dan menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru.

“Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur,” tulis Prabowo-Gibran dalam dokumen visi-misinya yang berjudul ‘Bersama Indonesia Maju’.

Baca Juga :  Menko PMK Yakin Harga Beras Tinggi Tak Akan Bertahan Lama

Tak hanya itu, menjadi pengusaha bahkan masuk dalam salah satu dari 17 Program Prioritas Prabowo-Gibran nomor 14.

Menurut capres-cawapres yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju itu, penguatan skala ekonomi dan pembangunan kelembagaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta kewirausahaan merupakan langkah-langkah penting dalam pemerataan hasil pertumbuhan ekonomi.

“Kredit untuk usaha Start Up dan kredit untuk para millennial akan didorong, diperluas, dan diperbanyak untuk dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru, terutama di kalangan anak muda,” bunyi dokumen tersebut pada halaman 36.

Di sisi lain, Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Rian Ernest juga mengungkapkan cara pasangan nomor urut dua itu menyerap tenaga kerja muda.

“Dari Pak Prabowo dan Gibran merasa bahwa kita harus memberikan insentif juga nih buat perusahaan, supaya lebih mudah menyerap tenaga kerja yang muda,” kata Rian dalam Diskusi Safari 2024 x Talent Fest di Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Jadi, kata Rian, salah satu program Prabowo dan Gibran untuk bisa menyerap tenaga kerja berusia muda dengan cepat adalah mendorong perusahaan untuk menempatkan angkatan kerja usia 18-24 tahun sebagai karyawan.

“Tapi dibantu juga dengan subsidi premi asuransi selama 12 bulan,” tutur politikus Partai Golkar ini.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com