JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Tanah Longsor di Magelang Kubur 3 Sepeda Motor dan Tewaskan Satu Orang

tanah longsor
ilustrasi/teras.id

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin ribut mengakibatkan terjadinya tanah longsor di Dusun Ngablak, Desa Ngablak, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (1/12/2023).

Bencana tersebut mengakibatkan satu orang tewas, beberapa orang luka-luka, tiga sepeda motor tertimbun material longsoran dan gazebo rusak parah.

“Dua korban yang merupakan pekerja toko tanaman hias tertimpa material longsoran talud dengan tinggi 12 meter saat mereka berdua berada di gazebo yang berada di bawahnya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono dalam keterangan resminya, Sabtu (2/12/2023).

Edi Wasono menambahkan, tim dari BPBD Kabupaten Magelang bersama unsur TNI, Polri dan warga setempat membantu evakuasi korban serta melakukan assesmen.

“Tim BPBD bersama TNI dan Polri dibantu warga sekitar langsung gerak cepat mengevakuasi dan melakukan asesmen setelah ada laporan kejadian tersebut,” ungkap Edi.

Baca Juga :  Truk Gandeng Oleng, Gasak HRV di Gresik, 2 Penumpang Meninggal Dunia

Edi mengatakan, korban meninggal dibawa ke Puskesmas terdekat kemudian diserahkan kepada keluarganya yang tinggal di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Sedangkan korban luka berat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salatiga.

“Korban meninggal dunia setelah kami evakuasi langsung dibawa ke Puskesmas kemudian diserahkan kepada keluarganya. Sedangkan korban luka dibawa ke RSUD Salatiga,” jelas Edi.

Insiden tanah longsor di wilayah Kabupaten Magelang juga terjadi di Dusun Miriombo Kulon, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur pada hari yang sama.

Tebing dengan dimensi panjang 6 meter dan tinggi 17 meter longsor setelah diguyur hujan. Bencana tanah longsor juga dipicu oleh kondisi tanah yang labil.

Tak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, namun material longsoran menutup akses jalan.

Baca Juga :  Curi Cabai 2 Karung, Pria Kediri Ini Diganjar  Kurungan  7 Hari

“Tim BPBD Kabupaten Magelang bersama TNI, relawan dan warga setempat segera bekerja bakti membersihkan material longsoran tersebut sehingga akses sudah dapat dilalui kembali,” kata Edi.

Proses evakuasi kedua korban yang meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor di Desa Sukamaju, Kecamatan Ciahurbeuti, Kabupaten Ciamis.

Proses evakuasi kedua korban yang meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor di Desa Sukamaju, Kecamatan Ciahurbeuti, Kabupaten Ciamis. (Istimewa)

Edi mengimbau kepada seluruh pemangku kebijakan di daerah untuk melakukan upaya mitigasi yang meliputi pemantauan kondisi sungai, pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air.

“Kita juga mengimbau untuk monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan hingga pemantauan debit air saat terjadi hujan secara berkala,” kata Edi.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com