JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ide Usaha yang Cocok Dikembangkan di Wonogiri, Punya Potensi Deretan Waduk Telaga Pantai dan Bukit

Pantai
Wisatawan lokal menikmati panorama Pantai Sembukan di Desa Paranggupito Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wonogiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Kabupaten ujung tenggara Jateng ini dikelilingi oleh berbagai objek wisata alam, seperti waduk, pantai, telaga, dan bukit.

Potensi ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai usaha, baik usaha besar maupun usaha kecil dan menengah (UKM).

Berikut ini adalah beberapa ide usaha yang cocok dikembangkan di Wonogiri:

1. Usaha pariwisata

Usaha pariwisata merupakan usaha yang paling potensial untuk dikembangkan di Wonogiri. Usaha ini meliputi berbagai kegiatan, seperti pengelolaan objek wisata, akomodasi, transportasi, kuliner, dan cinderamata.

Untuk mengembangkan usaha pariwisata di Wonogiri, dibutuhkan berbagai modal, baik modal finansial maupun modal sumber daya manusia. Modal finansial dibutuhkan untuk membangun infrastruktur dan sarana prasarana wisata. Sementara itu, modal sumber daya manusia dibutuhkan untuk mengelola usaha pariwisata secara profesional.

Baca Juga :  Dugaan Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, 1 Orang Pemilik Pekarangan Diamankan

2. Usaha kuliner

Wonogiri memiliki berbagai kuliner khas yang bisa dikembangkan menjadi usaha. Kuliner khas Wonogiri yang terkenal antara lain nasi tiwul, aneka olahan ikan, dan aneka olahan mete, hingga kuliner kreatif seperti dendeng jantung pisang maupun keripik kulit singkong.

Usaha kuliner bisa dikembangkan dengan berbagai cara, seperti membuka warung makan, berjualan di pasar, atau membuka kedai makanan online.

3. Usaha pertanian

Wonogiri merupakan daerah yang subur dan memiliki potensi pertanian yang besar. Potensi ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha pertanian, seperti perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Usaha pertanian bisa dikembangkan dengan berbagai cara, seperti membuka lahan pertanian, bermitra dengan petani, atau menjadi pengepul hasil pertanian.

Baca Juga :  Tips Awal Pekan Senin Ceria, Lawan I Hate Monday dengan Semangat

4. Usaha kerajinan

Wonogiri memiliki berbagai kerajinan khas yang bisa dikembangkan menjadi usaha. Kerajinan khas Wonogiri yang terkenal antara lain tenun ikat, batik, dan anyaman bambu.

Usaha kerajinan bisa dikembangkan dengan berbagai cara, seperti membuka toko kerajinan, berjualan di pasar, atau membuka toko online.

5. Usaha jasa

Wonogiri memiliki berbagai jasa yang bisa dikembangkan menjadi usaha, seperti jasa transportasi, jasa pariwisata, dan jasa perhotelan.

Usaha jasa bisa dikembangkan dengan berbagai cara, seperti membuka agen perjalanan, menjadi pemandu wisata, atau membuka usaha penginapan.

Itulah beberapa ide usaha yang cocok dikembangkan di Wonogiri. Potensi wisata yang besar di Wonogiri tentunya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan daerah. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com