JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Komunitas Belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri Gelar KKG Berbagi Praktik Baik, Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Kurikulum Merdeka

KKG
Komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri menggelar KKG berbagi praktik baik dengan tema Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Kurikulum Merdeka. Dok. Panitia
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri menggelar KKG berbagi praktik baik dengan tema Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Kurikulum Merdeka.

Kepala SMPN 3 Wonogiri Ais Widayanti menjadi pemateri dalam perhelatan berbagi praktik baik kali ini.

Kegiatan dilaksanakan secara luring di SMPN 3 Wonogiri dan berlangsung pukul 08.30-12.00 WIB, Sabtu (24/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri.

Ketua komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri diwakilkan kepada Pudi Sri Maryatmo yang juga guru SMPN 1 Ngadirojo, bersyukur kepada Tuhan dan memberikan apresiasi kepada SMPN 3 Wonogiri yang telah menyediakan tempat serta peserta KKG yang telah hadir dalam kegiatan KKG berbagi praktik baik.

Pudi Sri Maryatmo memotivasi seluruh peserta agar setiap sekolah dapat berbagi praktik baik pada kegiatan KKG.

Sementara Ais Widayanti mengajak peserta komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri untuk ice breaking “Arm Sam-Sam” agar peserta lebih fokus pada materi yang akan disampaikan.

Baca Juga :  Lulusan SMA Wonogiri, 250 Polisi Siaga

Acara dilanjutkan dengan brainstorming, peserta diajak menuliskan harapan dalam pertemuan KKG dalam selembar kertas post it dan ditempelkan di papan yang telah disediakan. Banyak peserta yang menuliskan harapan positif dari pertemuan KKG, bersilaturahmi dengan teman guru IPA dan menambah ilmu baru.

“Target dari petemuan peserta dapat membuat media pembelajaran digital dan dapat diaplikasikan di kelas bersama peserta didik. Media pembelajaran digital yang disampaikan adalah pemanfaatan aplikasi wordwall,” ungkap Ais Widayanti.

Pihaknya menyampaikan bahwa wordwall adalah aplikasi berbasis website berbentuk permainan yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran. Wordwall bisa diaplikasi dalam bentuk kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan sebagainya.

Ais Widayanti memandu peserta komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri tahap demi tahap. Mulai dari mendaftarkan akun di wordwall, membuat aktivitas dengan memilih salah satu template aktivitas yang disediakan, mengetikkan konten sesuai tipe permainannya, sampai membagikan link wordwall yang akan digunakan untuk media pembelajaran.

Baca Juga :  Jangan Diklik! Ini Alasan 6 Caleg PDIP Wonogiri Mengundurkan Diri Padahal Terpilih Menjadi Anggota DPRD

“Setelah dijelaskan penggunaan wordwall para peserta melakukan praktik langsung membuat media pembelajaran digital dengan wordwall dengan menggunakan laptop ataupun handphone masing-masing,” beber Ais Widayanti.

Selain itu, pihaknya juga mengenalkan aplikasi linktree yang dapat digunakan juga untuk media pembelajaran digital.

Di akhir acara narasumber memberikan refleksi dan closing statement. Pada refleksi peserta menulis dalam kertas post it tentang perasaan saat belajar, kendala dan upaya mengatasi kendala tersebut.

“Belajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa mengenal usia. Selagi kita masih hidup, di saat itulah kita harus terus belajar,” tandas Ais Widayanti memberikan closing statement. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com