JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pergi ke Ndarjo Lewat Trabasan, Tak Bisa Lihat Irung Petruknya – Yuk Ikutan Pesantren Ramadhan, Biar Meningkat Iman Taqwanya

Pesantren Ramadhan
Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di SMPN 2 Sidoharjo Wonogiri. Dok. SMPN 2 Sidoharjo
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan yang dimanfaatkan oleh SMPN 2 Sidoharjo untuk menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H. Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai agama dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa.

Pesantren Ramadhan SMPN 2 Sidoharjo diikuti oleh seluruh siswa muslim dan berlangsung selama 6 hari, mulai 1 hingga 6 April 2024. Kegiatan Pesantren Ramadhan dimulai dari pukul 07.30 hingga 12.30 WIB.

Rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan ini diawali dengan sholat duha bersama di halaman sekolah, dilanjutkan dengan dzikir pagi, tausiyah, dan pembekalan materi keagamaan. Materi yang disampaikan meliputi berbagai aspek agama Islam, seperti salat, puasa, zakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Qadha Puasa Ramadhan Bisa Dimulai dari Tanggal ini, Catat Supaya Tidak Lupa

Selain itu, para siswa diajak untuk melakukan berbagai kegiatan ibadah, seperti sholat berjamaah tepat waktu, tahajud, membaca Alquran, dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan sisi afektif anak dan membiasakan mereka untuk melakukan amalan-amalan baik.

Kepala SMPN 2 Sidoharjo Sutarjo, menjelaskan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk membentuk karakter siswa yang beriman dan bertaqwa. Hal ini diperkuat Pengampu Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBK), Wahid Irfan.

Baca Juga :  Waduh, Hanya Setengah Bulan Telah Terjadi 564 Kasus Pidana dan 877 Kecelakaan Lalulintas

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta membentuk karakter peserta didik secara keseluruhan yang telah Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun khasanah,” tegas Kepala SMPN 2 Sidoharjo Sutarjo.

Pihaknya menginginkan Pesantren Ramadhan dapat menanamkan, menumbuhkan, dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sekaligus melihat seberapa jauh peserta didik dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Bagi para siswa, Pesantren Ramadhan merupakan sebuah pengalaman yang berharga. Mereka dapat belajar banyak tentang agama Islam dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com