JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Desa Tangkil Sragen Melaju ke Lima Besar Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Desa Tangkil Sragen Melaju ke Lima Besar Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah || dok Pemkab Sragen
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, kembali menorehkan prestasi membanggakan. Setelah meraih juara pertama Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Sragen pada Sragen Awards 2024, desa ini melaju ke tahap selanjutnya dan masuk lima besar di Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Klarifikasi Lapangan Verifikasi Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Tahun 2024.

Klarifikasi lapangan dilaksanakan pada Senin (10/6/2024) di Kantor Desa Tangkil. Tim juri yang terdiri dari unsur Dispermasdes Dukcapil Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah, dan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah menilai berbagai aspek desa, termasuk penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.

Baca Juga :  Pilkada Sragen 2024 KPU Coklit Keluarga Bupati Yuni di Kantor Pemda dan TPS Dayu Jadi Lokasi Pencoblosan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sragen, Pudji Atmoko, mengungkapkan bahwa Desa Tangkil unggul dalam penyelenggaraan administrasi desa, pelayanan pajak online, Desa Restorative Justice, dan Desa Anti Korupsi. “Hal-hal ini menjadi poin penting dalam penilaian lomba desa,” terangnya.

Kepala Desa Tangkil, Suyono, mengaku bersyukur atas pencapaian ini dan menyampaikan terima kasih kepada tim pendamping dari Kabupaten Sragen. Ia menjelaskan berbagai inovasi desa, seperti Walah (Wadul Pak Lurah) untuk merespon keluhan dan masukan masyarakat melalui media sosial, Bank Sampah yang dikelola Karang Taruna, dan pembuatan Ecoenzim dari kulit buah untuk kebutuhan rumah tangga dan pertanian.

Baca Juga :  Kapolres Sragen AKBP Petrus P Silalahi Pimpin Sertijab Minta Pejabat Baru Solid dan Ciptakan Inovasi

“Ecoenzim ini sangat bermanfaat bagi warga dan harganya pun murah. Hasil penjualan Ecoenzim di setiap RT juga dapat digunakan sebagai kas RT,” jelasnya.

Suyono berharap Desa Tangkil dapat meraih juara pertama pada lomba desa ini. “Semoga desa ini dapat menjadi yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Sragen,” harapnya.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com