JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

4.131 Ini Jumlah Penerima BST di Wonogiri yang Dicoret Gegara Tidak Valid. Sebagai Gantinya Pemkab Ajukan Calon Penerima Baru

Ilustrasi Bantuan sosial pangan dari Pemprov Jateng. JSNews. Aris Arianto
   
Bantuan sosial pangan dari Pemprov Jateng. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ribuan keluarga penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) di Wonogiri dicoret dari daftar penerima. Gegaranya datanya tidak valid lagi.

Sebagai gantinya Pemkab Wonogiri mengusulkan calon penerima pengganti. Namun hingga kini Kementerian Sosial belum menyetujuinya.

Data yang dihimpun dari Dinas Sosial Wonogiri ada 4.131 Keluarga Penerima Manfaat yang berhak mendapatkan Bantuan Sosial Tunai di Wonogiri, dicoret karena data yang tidak valid.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Kurnia Listyarini, mengatakan, usulan penerima BST tahap kedua sebanyak 47.352 keluarga. Namun, masih menunggu persetujuan dari Kementerian Sosial.

Baca Juga :  Hari Jadi Wonogiri 2024 Sepi, Hanya Upacara Tanpa Hiburan Tak Ada Pameran dan Sejenisnya

“Akhirnya penerima pengganti ini belum bisa menerima BST bersamaan dengan penyaluran tahap kedua,” jelas dia.

Hanya saja penerima pengganti akan mendapat bantuan dalam waktu dekat, setelah penyaluran BST tahap kedua selesai. Kendati demikian berapa jumlahnya pihaknya belum bisa menentukan, sebab masih menunggu persetujuan Kementerian Sosial.

Menurut dia, pihaknya berupaya segala kendala pada penyaluran tahap pertama tidak terulang pada tahap kedua. Termasuk data invalid, karena sudah terdeteksi pada tahap pertama.

Baca Juga :  Semangat Tingkatkan Produksi Padi dengan Perluasan Lahan Tanam

Dikatakan, bantuan yang selama ini belum tersalurkan yakni bantuan sosial dari pemerintah kabupaten berupa sembako. Pada dasarnya Pemkab berharap bansos dari Kabupaten bisa tersalurkan sebelum BST dan BLT DD tahap kedua disalurkan. Dia berharap masyarakat yang belum mendapatkan bantuan bersabar. Jika sudah didata pasti nanti akan mendapat bantuan. Hanya proses pencairannya agak mundur. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com