JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Demi Uji Coba Nuklir, Uang Kim Jong Un Terkuras

Kim Jong Un /Tribunnews

PYONGYANG – Berkebalikan dari para pemimpin dan pejabat di Indonesia yang kekayaannya biasanya meningkat sejak menjabat, maka kekayaan Pemimpin Korea, Kim Jong Un, dikabarkan sudah hampir terkuras, termasuk “dana simpanan” yang diwariskan ayahnya.

Mengapa bisa demikian? Sejumlah sumber China yang dekat dengan elite penguasa Pyongyang menyebut, dana yang ditinggalkan Kim Jong Il itu sebagian besar digunakan untuk melakukan uji coba senjata nuklir.

Baca Juga :  Israel Tembak Mati Wartawan Al Jazeera, PWI Pusat Kutuk Kekejian Zionis dan Serukan Penyelidikan Independen

“Akibat pemborosan yang dilakukan Kim Jong Un, dana yang ditinggalkan sang ayah, sudah semakin menipis,” ujar salah satu sumber kepada Radio Free Asia.

“Saat ini sulit sekali mengendalikan para eksekutif papan atas Korea Utara, yang amat licik,” tambah sumber itu.

Sumber itu menambahkan, dirinya cukup mengenal dekat para pejabat dari Kantor No.39. Kantor No.39 adalah sebuah organisasi rahasia yang bekerja di bawah Partai Pekerja Korea yang berkuasa untuk menyediakan anggaran bagi negara.

Baca Juga :  Habis Total Bahan Bakar di Sri Lanka. Warga Berjam-jam Menunggu Antrean yang Sia-sia

Anggaran yang disediakan organisasi itu berasal dari banyak kegiatan ilegal semisal pemalsuan uang, produksi obat terlarang, dan penipuan asuransi internasional. Uang yang dihasilkan organisasi itu berkisar antara 500 juta hingga 1 miliar dolar AS.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua