JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gawat, Tanah Amblas di Paranggupito Kian Meluas, Rumahpun Diganjal Kayu

CEK KONDISI-Anggota Polsek Paranggupito mengecek kondisi rumah korban tanah amblas. Foto : Polres Wonogiri
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20180121 WA0028
CEK KONDISI-Anggota Polsek Paranggupito mengecek kondisi rumah korban tanah amblas. Foto : Polres Wonogiri

WONOGIRI-Peristiwa tanah amblas terjadi di Dusun Tompak, Desa Ketos, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Sampai saat ini terus berlangsung dan diperkirakan terus meluas.

Akibatnya satu rumah warga terdampak dan rusak. Yakni rumah milik Sugiyono (47) warga RT 2 RW 2.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasubag Humas AKP Haryanto, Minggu (21/1/2018) mengatakan, tanah amblas kali pertama diketahui pada Desember 2017 lalu. Tanah yang amblas berada dekat rumah korban.

Baca Juga :  Kasus Pupuk Langka Diduga Terjadi di Wonogiri Disinyalir Ada Permainan Pihak Tertentu

“Awalnya hanya seukuran diameter ban mobil,” kata dia.

Tapi, setiap turun hujan tanah amlas tersebut bertambah dan meluas. Hingga pada Sabtu (20/1/2018) lalu melebar mengenai rumah korban. Setidaknya bagian teras, dapur, serta ruang tamu rusak. Lantai amblas, dinding tembok pun retak.

Baca Juga :  Dipanggil Bawaslu Wonogiri Begini Penjelasan Lengkap Penyelenggara Acara Konsolidasi Partai yang Turut Mengundang Camat Giritontro Fredy Sasono dan Sejumlah Kades

Pemilik rumah dibantu warga sekitar selanjutnya berupaya mengantisipasi rumah tersebut roboh. Caranya dengan memasang penganjal kayu di teras dan tiang rumah. Serta dengan menimbun batu pada bagian tanah yg amblas tersebut.

“Kerugian materiil belum bisa diperkirakan. Yang jelas kami mengimbau pemilik rumah agar mengungsi,” tandas dia. Aris Arianto