loading...
Loading...
Sosialisasi pengawasan partisipatif kepada anggota Bhayangkari.Jsnews/Aris Arianto

WONOGIRI-Tahapan Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 terus bergulir. Masyarakat diminta imenyukseskan pelaksanaan setiap tahapannya, bukan malah menyukseskan pelanggaran pemilu.

Lantaran itu, masyarakat diimbau untuk aktif dalam kegiatan pengawasan. Terlebih jumlah anggota Panitia Pengawas Pemilu (Pabwaslu) baik tingkat kabupaten hingga kecamatan maupun desa, jumlahnya terbatas.

Ketua Panwaslu Wonogiri, Ali Mahbub, mengimbau, warga segera melapor ketika dijumpai ada pelanggaran dalam tahapan.

“Kalau ada (pelanggaran), jangan dibiarkan. Jangan sampai malah menyukseskan pelanggaran. Yang benar adalah mesti menyukseskan pemilu,” tandas dia, Selasa (30/1/2018).

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Hidup dan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Wonogiri Laksanakan Sejumlah Program Strategis. Mulai Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak Hingga Pengadaan Peralatan Memadai

Dia mengatakan, saat ini masyarakat harus bisa berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Terlebih, ujar dia, ada keterbatasan personil panwaslu. Di tingkatan Panwaslu hanya ada tiga personil, ditambah 75 personil panwascam di 25 kecamatan. Jumlah tersebut jelas tidak seimbang dengan wilayah Wonogiri sebagai daerah terluas kedua di Jateng.

“Dengan adanya keterbatasan jumlah personil itu, sangat besar tugas Panwaslu. Sehingga mesti ada pengawasan mandiri atau partisipatif dari elemen masyarakat,” ungkap dia.Aris Arianto

Loading...