loading...
Loading...
Ketua DPRD Setyo Sukarno (kanan) mengecek alsintan. Jsnews/Aris Arianto

WONOGIRI-Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno mengatakan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) seperti traktor, mesin pemanen padi, dan lainnya tidak boleh hanya digunakan ketua maupun penguruskelompok tani.

Dia mengatakan bantuan alsintan untuk dipergunakan semua anggota kelompok.

“Untuk pengaturannya silahkan dirembuk di internal kelompok, namun yang jelas bantuan ini bukan untuk ketua kelompok tani atau pengurusnya saja,” kata dia, Rabu (24/1/2018).

Baca Juga :  Innalillahi, Warga Keblokan Sendangijo Tewas Tenggelam di Dam Colo Barat

Menurut dia, tahun lalu Pemkab Wonogiri sudah memberikan ratusan unit alsintan untuk kelompok tani. Penyerahan secara simbolis kepada pengurus atau ketua kelompok. Namun, setelah sampai di daerah masing-masing, alsintan harus bisa memberi manfaat ke semua anggota kelompok.

Baca Juga :  Pungli Alsintan Sragen Disebut Capai Lebih Dari Rp 20 Miliar. Beredar Kabar Ada Bukti Transfer ke Oknum Pengurus Parpol, Polres Mulai Lakukan Penelusuran

“Jangan dicekel (dipegang) pengurus saja, anggota juga berhak menggunakan itu,” tandas dia.

Menurut dia, bantuan alsintan dari pemerintah, bertujuan menekan biaya produksi petani, sehingga keuntungan bisa bertambah.

“Biaya untuk membayar tenaga buruh cangkul, pengolah tanah, penanam padi, sangat besar. Belum ditambah biaya makan dan rokok. Itu semua bisa diganti dengan penggunaan alsintan yang biayanya jauh lebih rendah,” pungkas dia. Aris Arianto

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2019 Berakhir, Polres Wonogiri Gelar Halal Bi Halal
Loading...