JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Inilah 11 Kasus Penyerangan Tempat Ibadah Sebelum Kasus di Gereja St Lidwina

Ilustrasi/Tribunnews

Aksi penyerangan gereja St Lidwina, Bedog, Sleman tentu sangat memprihatinkan. Aksi yang terjadi Minggu (11/2/2018) pagi tersebut jelas melukai nilai-nilai kerukunan yang dikembangkan dalam Pancasila.

Kasus penyerangan terhadap gereja di Indonesia, tercatat tidak hanya sekali ini saja terjadi. Sebelumnya, beberapa kasus serupa juga terjadi di gereja berbagai daerah.

Berikut beberapa kasus kasus penyerangan gereja yang pernah terjadi, sebagaimana  dilansir dari berbagai sumber:

 

  1. Aksi Bom Natal 2000

 

Terjadi di sejumlah gereja tepat pada malam natal, 24 Desember 2000.

Ledakan dilakukan oleh Dulmatin dan rekan-rekannya di Gereja Katedral, Sekolah Kanisius Menteng Raya, Gereja Matraman, Gereja Koinonia Jatinegara, dan Gerja Oikumene Halim. Ratusan nyawa dinyatakan tewas karena bom itu.

 

  1. Bom di GerejaSanta Anna dan GerejaKristen Batak Protestan

Terjadi pada 22 Juli 2001, di mana bom diledakkan di dua tempat yang berbeda, yaitu Gereja Santa Anna dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan. Kedua gereja tersebut terletak di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Lima orang dinyatakan meninggal pada kasus itu. Di Gereja Santa Anna, ledakan terjadi ketika pastor tengah menyampaikan khotbah

 

  1. Serangan Bom dan Pisau di GerejaMedan

Terjadi di Gereja Katolik Santo Yosep di Medan pada 28 Agustus 2016.

Namun aksi tersebut berhasil digagalkan oleh jemaat. Seorang Jamaat melihat pelaku membuka ransel yang dicurigai sebagai bom. Sejumlah saksi dan pastor melihat percikan api dari ransel pelaku. Pelaku berhasil dibekuk oleh jemaat dan pelaku diketahui babak belur. Selain itu, Pastor Albert mengalami luka ringan di tangannya akibat ditusuk senjata tajam oleh pelaku.

Baca Juga :  Jokowi Rotasi Pejabat Tinggi di Kementerian Pertahanan

 

  1. Pembakaran Gerejadi Poso

 

Kelompok tak dikenal menyerang Desa Matako, Kecamatan Tojo, Kabupaten Poso. Dua gereja dibakar dalam kejadian tersebut. Tidak hanya gereja, 13 rumah penduduk juga hangus. Enam warga setempat dinyatakan luka-luka.

 

  1. Pembakaran Gerejadi Pulau Halmahera

 

Penyerangan gereja di pulau Halmahera terjadi pada 15 September 2002.

Sebanyak tiga gereja dibakar masaa.

 

  1. PenyeranganGereja di Pulau Haruku

 

Terjadi tiga hari setelah tiga gereja di pulau Halmahera dibakar, yaitu 18 September 2002. Menurut informasi, kekerasan komunal menghancurkan lima gereja di pulau Haruku, Sulawesi Tengah.

 

  1. PenyeranganGereja di Temanggung

 

Sejumlah massa mengamuk di depan PN Temanggung. Mereka membakar mobil Dalmas di depan pengadilan dan tiga gereja ikut diserang. Sejumlah mobil yang terparkir di gereja tersebut juga dibakar. Tiga gereja tersbut di antaranya adalah Gereja Bethel Indonesia Jalan Soepono, Gereja Kristen Protestan Kanisius dan Gereja Katolik Temanggung. Peristiwa itu terjadi pada 8 Februari 2011.

 

  1. PenyeranganGereja di Singkil Aceh

 

Pemerintah Daerah akan menertibkan sejumlah gereja yang tak berizin.

Saat itu ada 21 gereja yang diketahui tidak mempunyai izin. Massa mencapai 500 orang. Pembakaran gereja tek terelakkan. Peristiwa itu terjadi pada 13 Oktober 2015.

Baca Juga :  Viral Surat Nikah dan Perjanjian Cerai Soekarno Dijual, Harga Dibuka Rp 25 Miliar. Pihak Penjual Disebut adalah Cucu Inggit Garnasih

 

  1. Bom di GerejaBethel Tabernakel Kristus Alfa Omega Semarang

 

Terjadi pada 31 Juli 2001 di gereja Bethel Tabernakel Kristus Alfa Omega, Jl. Gajah Mada 114-118 Semarang. Bom tersebut ditempel di mobil kijang warna cokelat metalik dengan nomor polisi H 8363 HS. Dua orang yang merupakan ibu dan anak dinyatakan terluka.

 

  1. Bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo, Jawa Tengah, 25 September 2011. Aksi ini mengakibatkan seorang pelaku tewas dan melukai puluhan jemaat. Pelaku juga keluar dengan jemaah lainnya seusai ibadah. Pelaku yang menggunakan baju putih dengan celana hitam serta sepatu kets ini, turut keluar. Pelaku berada diantara sebagian jemaah yang keluar belakangan tersebut. Saat berada di depan pintu keluar itulah, pelaku meledakkan bom yang berdaya ledak rendah.

 

  1. Perusakan Gereja Katolik Santo Yusuf Pekerja di Klaten, Jawa Tengah dan Goa Maria Sendang Sriningsih Dusun Jali Desa Gayamharjo Kec. Prambanan Kab. Sleman.  Penyerangan tempat ibadah itu dilakukan sekelompok orang dalam waktu yang sama, Selasa, 9 Agustus 2016. Meski tak menimbulkan korban jiwa, aksi vandalis itu cukup meresahkan para jemaat, lantaran pelaku merusak patung Yesus dan Bunda Maria.

Itulah 11 kasus penyerangan gereja yang pernah terjadi di Indoensia, sebelum terjadinya kasus penyerangan di gereja St Lidwina, Bedog, Sleman.

 

Suhamdani/Tribunnews