JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Masjid Raya Taman Sriwedari Siap Tampung 7.600 Jemaah, dan Ada Lift untuk Naik Menara

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Taman Sriwedari. JSnews/Satria Utama
Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Taman Sriwedari.
JSnews/Satria Utama

SOLO- Sedikitnya 7.600 jemaah akan tertampung di Masjid Raya Taman Sriwedari, menyusul proses pembangunan masjid Raya Solo tersebut dimulai pada Senin (5/2/2018).

Dibangun di atas lahan seluas 17.200 meter persegi, dan terletak di jalan protokol, Slamet Riyadi, pembangunan masjid tersebut ditarget kelar  dalam 2 tahun.

Sesuai desain, masjid tersebut juga akan dilengkapi dengan lima menara. Satu menara akan dibangun setinggi 114 meter sesuai dengan jumlah surat di dalam Alquran. Guna memudahkan para jemaah, menara akan difasilitasi dengan lift.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Solo Akan Gelar Muscablub dengan Protokol Covid-19. Delapan Orang Sudah Mendaftar Sebagai Calon Ketua

Namun, diakui ketua umum Panitia Pembangunan Masjid Taman Sriwedari, Achmad Purnomo dana untuk membangun masjid tersebut tidak diambil dari APBN ataupun APBD melainkan dari sumbangan para donatur dan sejumlah CSR perusahaan.

“Anggaran pembangunan masjid mencapai Rp 151 miliar, kalau sudah jadi, masjid ini dapat menampung hingga 7.600 jemaah,”terang Achmad Purnomo yang juga Wakil Walikota Surakarta, di sela-sela prosesi peletakan batu pertama, Senin (5/2/2018).

Baca Juga :  Tokoh Lintas Agama dan Kepercayaan Dukung Pilkada Damai untuk Kenyamanan Kota Solo

Hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah pejabat baik dari Pemprov Jateng, Pemkot Surakarta, Ketua DPRD Kota Surakarta Teguh Prakosa dan sejumlah tokoh Ormas Islam di Kota Solo. Acara tersebut disaksikan oleh Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo bersama jajaran pejabat dari pemerintah Kabupaten di wilayah eks-Karesidenan Surakarta serta jajaran aparat TNI dan Polri. Satria Utama