JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Catat, Ini Ruas Jalan di Wonogiri yang Jadi Satu Arah

Pengguna jalan melintas di ruas jalan yang kini jadi satu arah.JSNews/Aris Arianto
Pengguna jalan melintas di ruas jalan yang kini jadi satu arah.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Untuk mengurai kesemrawutan lalu lintas di kawasan kota Wonogiri, saat ini dua ruas jalan dijadikan satu arah. Awalnya kedua jalan itu merupakan jalur dua arah.

Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto mengatakan, kedua ruas jalan adalah jalan di depan SD IT Al Huda Kerdukepik, Kelurahan Giripurwo dan jalan di sebelah utara perempatan rumah makan Sari Baru jalan Pemuda II.

“Pemberlakuan jalur searah di depan SD IT Al Huda merupakan permintaan dari pihak sekolah dan warga setempat. Sebelumnya, pihak sekolah dan RT di lingkungan sekitar telah bermusyawarah,” kata dia, Selasa (3/4/2018).

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Wonogiri Akhirnya Batal Digelar, ini Penyebabnya

Hasil musyawarah itu kemudian diteruskan kepada Dishub Wonogiri. Mereka memutuskan jalan itu hanya boleh dilewati dari arah barat ke timur. Pihaknya kemudian melakukan manajemen rekayasa lalu lintas dan memfasilitasi rambu-rambunya. Yakni kendaraan dilarang melintas ke arah barat pukul 06.00-18.00 WIB.

Menurut dia, pemberlakuan jalan searah itu untuk mengantisipasi kesemerawutan lalu lintas, terutama waktu berangkat dan pulang sekolah. Pasalnya, banyak kendaraan pengantar siswa yang menggunakan jalan itu.

Baca Juga :  Dari Konfercab PGRI Cabang Giritontro Wonogiri, Joko Pudyanto Terpilih Sebagai Ketua, Berharap Kepengurusan Anyar Bisa Beri Warna Baru dan Wujudkan Hal ini

“Kalau dipakai buat simpangan terlalu sempit, nanti bisa semerawut,” ujar dia.

Adapun pemberlakuan jalur searah untuk jalan di sebelah utara perempatan rumah makan Sari Baru jalan Pemuda II merupakan inisiatif Dishub. Dia mengungkapkan, semakin banyak pengguna jalan dari arah Kantor Agraria yang berbelok ke kanan menuju ke selatan melalui jalan tersebut. Jalannya terlalu sempit jika ada dua mobil yang berpapasan.

Oleh karena itu pihaknya memberlakukan jalur searah. Pengguna jalan tidak boleh melintas ke utara di jalan tersebut. Aris Arianto