JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Runtuhkan Tembok China, Tontowi/Lyliana ke Final Badminton Asia, Della/Rizki Kalah Dramatis

Tontowi Ahmad/Lyliana Natsir. Foto/Joglosemarnews
Tontowi Ahmad/Lyliana Natsir. Foto/Joglosemarnews

JOGLOSEMARNEWS- Pasangan ganda campuran terbaik Indonesia,  Tontowi Ahmad/Lyliana Natsir menjaga asa Indonesia untuk meraih gelar di Turnamen Bulutangkis Badminton Asia Championship 2018 di Wuhan, China.

Bertanding di bawah tekanan suporter tuan rumah,  pasangan peraih emas Olimpiade itu sukses membungkam pasangan tangguh andalan China,  Zheng Siwei/Huang Yaqiong di babak semifinal,  Sabtu (28/4/2018) petang waktu setempat.

Owi/Butet sukses menang secara meyakinkan dua set langsung. Di luar dugaan,  permainan apik keduanya membuat duet China yang biasanya sulit ditembus dan sangat agresif itu,  menjadi tak berkutik.

Hanya dalam tempo 27 menit,  Owi/Butet yang diunggulkan di posisi teratas,  sukses menundukkan Zheng/Huang 21-11, 21-13.

Di babak final,  keduanya akan kembali ditantang pasangan tangguh China lainnya,  Wang Yilyu/Huang Dongping yang menundukkan senior mereka,  Zhang Nan/Li Yinhui 18-21, 21-18, 21-17.

Satu wakil Indonesia lainnya di ganda putri, Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta gagal meneruskan kejutan. Keduanya yang sempat menggulingkan unggulan teratas asal China dan ganda kuat Jepang di dua pertandingan sebelumnya,  dipaksa menyerah dari pasangan kuat Jepang,  Yuki Fukushima/Saya Hirota lewat laga dramatis tiga set.

Sempat unggul 29-27 di set pertama,  Della/Rizki takluk di dua set berikutnya 17-11 dan 11-21 dalam laga berdurasi 1 jam 24 menit.

Jepang memastikan satu gelar di ganda putri usai kemenangan unggulan pertama Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi atas pasangan Korsel,  Kim So Yeong/Kong He Yoong.

Di nomor tunggal putra,  diwarnai kejutan usai pemain legendaris andalan Malaysia,  Lee Chong Wei ditaklukkan pemain Jepang yang comeback dari cedera panjang, Kento Momota. Momota akan melawan Chen Long di final. Wardoyo