JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

30 Gubernur Dukung Jokowi-Ma’ruf,  Sandiaga Mengaku Tak Cemas

pilpres
Ilustrasi
   
Ilustrasi

JAKARTA – Dukungan para gubernur pada para calon dalam Pilpres 2019 sudah terpetakan. Setidaknya, pasangan Jokowi-Ma’ruf diperkirakan bakal meraup 55 persen suara, selebihnya untuk pasangan Prabowo-Sandiaga.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Indonesia Kerja (TKN KIK), Abdul Kadir Karding optimis  Jokowi-Ma’aruf Amin akan mampu meraup 55 persen suara. Angka tersebut dinilai realistis mengingat kantong-kantong dukungan dari daerah terus mengalir.

Karding mengatakan tim optimistis target bisa tercapai karena banyak kepala daerah yang mendukung pasangan Jokowi – Ma’ruf. Ia mengklaim, saat ini, sudah ada 30 gubernur dan 359 bupati serta wali kota yang telah menyatakan dukungannya secara gamblang kepada Jokowi dan Ma’aruf Amin.

 

Termasuk di antaranya 10 kepala daerah dari Sumatera Barat yang belakangan mendeklarasikan dukungan tersebut. Padahal Sumatera Barat bukan basis Jokowi dalam Pilpres 2014. Pun dengan Jawa Barat.

Baca Juga :  Terbukti Langgar Kode Etik, Pelapor Kecewa Anwar Usman Hanya Diberi Teguran Tertulis

“Mereka berubah mendukung, selain karena Pak Jokowi berpasangan dengan Kiai Ma’ruf Amin, juga pembangunan yang nyata di daerah yang kalah tersebut,” kata Karding, Selasa pekan lalu.

Beberapa Gubernur sudah terang-terangan menyatakan dukungan kepada Jokowi – Ma’ruf. Awal September lalu, Gubernur Papua yang juga Ketua DPP Demokrat, Lukas Enembe, menyatakan dukungan untuk Jokowi tersebut. Ia membelot dari sikap politik partainya.

“Tidak ada urusan dengan partai,” kata Lukas di Istana Negara pada 5 September lalu.

“Bungkus tiga juta suara untuk Jokowi,” kata dia.

Begitu pula dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pria yang biasa disapa Emil ini menyerukan dukungannya untuk pasangan Jokowi – Ma’aruf seusai menghadiri pelantikan gubernur pada 5 September lalu.

“Saya siap (memenangkan Jokowi-Ma’ruf). Beda musim, beda formasi. Enggak ada masalah,” kata Ridwan Kamil saat ditemui Tempo di kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).

Baca Juga :  Ini 4 Aspek yang Menunjukkan Politisasi Bansos oleh Jokowi Menurut Tim Hukum Ganjar-Mahfud

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengatakan bakal mendukung Jokowi – Ma’ruf. Sementara itu, deklarasi para kepala daerah untuk mengusung pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih bisa dihitung jari. Sandiaga mengatakan tidak merisaukan hal tersebut. Sebab, ia menuturkan kepala daerah harus fokus pada tugas memimpin daerahnya.

Menurut penelusuran Tempo dari berbagai sumber, hanya ada empat kepala daerah setingkat gubernur yang terang-terangan mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo – Sandiaga. Jumlah ini timpang dengan dukungan untuk Jokowi-Ma’aruf yang mencapai 31.

Adapun gubernur yang menyatakan dukungannya untuk Prabowo – Sandiaga dalam Pilpres 2019 di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Kepulauan Bangka-Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djonggola. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com