loading...
Loading...
 Darnoto warga  Pondok RT 12 saat memecah batu dalam kegiatan TMMD di Sukorejo. Foto: Wardoyo

SRAGEN—  Salah satu program  Tentara Manunggal Membangun Desa  (TMMD) Reguler  TA 2018 yang dipusatkan di desa Sukorejo,  kecamatan Sambirejo adalah pembangunan embung atau tendon air. Embung tersebut rencananya akan dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian, perikanan dan sebagai destinasi wisata.

Dalam pengerjaan embung ini ada hal unik yang ditunjukan oleh warga  Pondok RT 12,  Darnoto (50 )  yang keseharianya berprofesi sebagai petani ini ternyata piawai memecah batu gunung. Batu-batu sebesar kepala sapi  dengan mudah  dia belah.

Pada awalnya Darnoto hanya memukul-mukul batu untuk membuat celah kecil. Ia  menancapkan besi kecil yang sudah diruncingkan dan dipukulpukul lagi hingga menghasilkan celah yang agak besar.  Kemudian celah yang agak besar  tersebut ditancapkan besi lagi dengan ukuran  kurang lebih  sebesar tiga jari dan dipukul sampai batu terbelah.

Darnoto berharap embung ini segera selesai dan hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar desa Sukorejo. Ia tak lupa mengucapkan   terimakasih “ Terimakasih pak TNI bakti penjenjangan akan selalu   kami kenang dan akan tularkan kepada anak cucu  kami” pungkasnya. Marwantoro S

Loading...