loading...
Loading...
Striker Witan Sulaiman saat mencetak gol ke gawang Taiwan. Foto/Tempo.co

 

JAKARTA- Timnas U-19 Indonesia menorehkan kemenangan fantastis usia menggulung Taiwan 2-1 pada laga pertama babak penyisihan Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis 18 Oktober 2018. Dengan hasil itu, Timnas merah putih memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFC.

Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman menjadi pahlawan kemenangan skuad Garuda Muda.

Timnas U-19 Indonesia mampu mendominasi jalannya pertandingan pada babak pertama dan kedua. Pada babak pertama, skuad asuhan Indra Sjafri yang menguasai bola hingga 66 persen kesulitan mencetak gol karena Taiwan menumpuk pemain di lini belakang.

Gol pertama Timnas U-19 Indonesia akhirnya tercipta pada menit ke-50 melalui kaki Egy Maulana Vikri. Gol itu berawal dari serangan balik cepat yang diracik oleh Witan Sulaeman dari sisi kanan pertahanan Taiwan.

Umpan silang mendatar Witan gagal disapu bersih oleh pemain belakang Taiwan dan bola justru mengarah ke kaki Egy yang tak terkawal. Egy pun dengan mudah melepaskan tembakan untuk menjebol gawang Timnas U-19 Taiwan yang dijaga oleh Li Guan-Pei.

Baca Juga :  Kisah Nenek Berusia 102 Tahun di Semarang, Suka Makan Sambal Cabe Rawit dan Minum Air Es

Unggul 1-0 membuat Timnas U-19 sempat sedikit terlena. Alhasil, Taiwan berhasil menyamakan kedudukan tiga menit berselang.

Gol Taiwan pun berawal dari serangan balik cepat. Huang Jyun-Wun menyisir sisi kiri pertahanan Timnas U-19 Indonesia yang tak terkawal karena Firza Andika terlambat turun.

Jyun Wun pun melepaskan umpan silang yang gagal dipotong oleh Rachmat Irianto dan jatuh ke kaki Wang Chung-Yu. Bola sepakan Chung-Yu sebenarnya sempat ditepis oleh penjaga gawang Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Riyandi. Namun bola masih meluncur ke gawang sehingga skor menjadi 1-1.

Skor 1-1 membuat Timnas U-19 Indonesia semakin menggencarkan serangan. Setelah membuang dua peluang emas, Witan Sulaeman akhirnya mampu membuat Timnas U-19 Indonesia kembali unggul pada menit ke-70.

Gol Witan berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh M Luthfi Kamal dari sisi kanan pertahanan Taiwan. Bola yang langsung mengarah ke gawang tak dapat ditangkap sempurna oleh Guan-Pei dan mengarah kepada Witan yang langsung menyundul bola ke dalam gawang.

Baca Juga :  UNS Segera Kembali Tambah Tiga Guru Besar

Indra Sjafri menarik Rafli Mursalim dan memasukkan Rivaldo Todd Ferre tiga menit berselang. Pemain asal Papua itu sebenarnya memiliki peluang emas menambah gol Timnas U-19 Indonesia. Mendapatkan umpan dari Egy, Rivaldo gagal mengarahkan bola ke gawang yang sudah melompong karena ditinggal oleh Guan-Pei.

Gol ketiga Timnas U-19 Indonesia akhirnya tercipta pada menit ke-89, lagi-lagi lewat kaki Witan Sulaeman. Skema gol Witan mirip dengan peluang yang didapatkan oleh Rivaldo.

Egy berhasil membuat Guan-Pei meninggalkan gawangnya dan lantas melepaskan umpan kepada Witan yang menyisir di sisi kanan. Namun kali ini Witan tak gagal mencetak gol meskipun bola sempat membentur pemain belakang Taiwan. Skor 3-1 pun bertahan hingga wasit meniupkan tanda pertandingan berakhir.

Dengan kemenangan itu, Timnas U-19 Indonesia untuk sementara menempati puncak klasemen Grup A Piala AFC U-19. Egy cs unggul produktivitas gol dari Uni Emirat Arab yang pada laga sebelumnya mengalahkan Qatar dengan skor 2-1.

www.tempo.co

 

Loading...