JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ini Cara Sukoharjo Mempercepat Penanggulangan Kemiskinan di Desa

Pemukulan gong tanda dibukanya bursa inovasi desa Sukoharjo. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Pemukulan gong tanda dibukanya bursa inovasi desa Sukoharjo. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo.

SUKOHARJO–Pemkab Sukoharjo menggelar Bursa Inovasi Desa (BID)  di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah Graha Wijaya, dengan tema Desa Berinovasi Sukoharjo Makmur.

Berbagai produk unggulan ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Gelaran diikuti oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dari sejumlah desa perwakilan kecamatan. Setiap desa menampilkan inovasi masing-masing. Selain stan desa, penyelenggara juga menyediakan stan-stan untuk konsultasi pemerintah desa terkait penggunaan dana desa yang lebih berkualitas.

Bupati Wardoyo Wijaya berujar BID adalah bagian dari Program Inovasi Desa (PID) yang merupakan salah satu upaya dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Program itu dalam rangka mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis.

Baca Juga :  Naik Moge Kawasaki Versys 650 Kapolres Sukoharjo Sisir Tempat Wisata Sambut New Normal

Digelarnya BID, lanjut Bupati, adalah untuk mendukung pembangunan desa yang lebih kreatif dalam mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan kegiatan itu diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berpesan, dengan BID ini dapat memacu seluruh desa untuk memanfaatkan dana desa bagi pengembangan potensi desa dan pemanfaatan yang optimal dana desa ke arah kemajuan yang lebih baik,” sebut Bupati.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ternyata SIM Gratis HUT Bhayangkara Polri Tidak Semua Bebas Biaya. Ini Lho Beban yang Harus Ditanggung Pemohon

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sukoharjo YC Sriyana, digelarnya acara Bursa Inovasi Desa 2018 untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa terhadap berbagai pilihan solusi penyelesaian masalah. Selain itu, juga sebagai alternatif pemberdayaan dan dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif dan bertujuan menjaring komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi dan mereplikasi inisiatif dan inovasi yang diperoleh dan ruang konsultasi desa dengan penyediaan dan peningkatan kapasitas pemerintah desa. Aris Arianto