JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

HUT ke-28, PDAM Sragen Targetkan 2.250 Pelanggan Baru. Sragen Utara Jadi Prioritas, Total Pelanggan Capai 63.003 

Supardi. Foto/Wardoyo
Supardi. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro Sragen menargetkan tahun depan menambah 2.250 sambungan pelanggan baru.  Sambungan baru sejumlah itu sebagian besar akan diprioritaskan di wilayah rawan kekeringan di Sragen Utara.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PDAM Sragen Supardi disela peringatan ulang tahun ke 28 PDAM Tirto Negoro tadi pagi.

Ia mengatakan tahun depan akan menargetkan 2.250 tambahan sambungan rumah (SR). Saat ini jumlah SR atau pelanggan di PDAM Sragen sudah mencapai 63.003 SR.

Penambahan sambungan baru itu memang untuk semua wilayah di Sragen namun daerah rawan kekeringan menjadi prioritas.

Dijelaskan Supardi, tahun ini PDAM sudah membuat sumur dalam di Kecamatan Sambungmacan untuk dialirkan ke utara bengawan, wilayah Kecamatan Tangen dan Jenar. Aliran PDAM dari Sambungmacan itu dilakukan karena di kedua Kecamatan Tangen dan Jenar PDAM sulit menemukan air tanah untuk sumber baku PDAM.

Baca Juga :  Innalillahi, Habib MA Pimpinan Ponpes El Nusa Shobo Guno Sragen Meninggal Positif Terpapar Covid-19. Sempat Batuk-Batuk Lalu Dirujuk di RSUD Moewardi Solo

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan pengecekan di beberapa tempat airnya justru asin bahkan kadar keasinan melebihi air laut. Yakni TDS lebih dari 1000, padahal batas maksimal keasinan air yang boleh dikonsumsi dibawah TDS 500.

Kendatipun operasional PDAM ke daerah rawan kekeringan ini sangat tinggi namun harus tetap dilakukan sebagai bentuk pemerataan pelayanan.

“Tahun ini sudah nyicil membuat sumur di Sambungmacan. Nanti diarahkan ke Tangen dan Jenar.Karena di Jenar itu ada sumber tapi asin sekali melebihi air laut. TDS 1000 batas itu 500 sudah tidak layak konsumsi,” tandas Supardi.

Baca Juga :  Gara-gara Virus Bernama Corona, TMMD Sengkuyung di Desa Terpinggir Sragen Terpaksa Digelar Tanpa Upacara. Tapi Dandim Pastikan Proyek Jalan Cor Blok Sepanjang 947 Meter Tetap Dilaksanakan 30 Hari!

Diuraikan pula tahun ini PDAM Tirto Negoro juga menargetkan 2000 sambungan baru, dan sampai Desember ini sudah lebih dari 2.800 sambungan terpasang. Pihaknya optimis kendatipun sumber air baku PDAM mengandalkan sumur dalam, tetap mampu melayani seluruh pelanggan.

Sementara, terkait HUT PDAM Tirto Negoro ke 28, Supardi mengungkapkan, tahun ini diselenggarakan sederhana karena bencana diberbagai daerah. PDAM justru mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial dan juga jalan sehat untuk sekedar memeriahkan ulang tahun PDAM tersebut. Wardoyo