JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

SMA Negri 3 Solo Sabet Gelar Sekolah Adiwiyata Nasional

Kepala Sekolah SMA N 3 Solo Makmur Sugeng (kanan) bersama Ketua Komite SMA N 3 Solo Sabar Narimo (tengah) dalam sebuah kegiatan siswa di gedung setempat.
   
Kepala Sekolah SMA N 3 Solo Makmur Sugeng (kanan) bersama Ketua Komite SMA N 3 Solo Sabar Narimo (tengah) dalam sebuah kegiatan siswa di gedung setempat.

SOLO–Setelah mempersiapkan diri selama kurang lebih tiga tahun, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 3 Solo akhirnya berhasil menyabet gelar Sokolah Adiwiyata Nasional.

Sekolah tersebut menerima penghargaan di Jakarta. Penghargaan disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (21/12/2018) di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dari Kota Solo selain SMA Negeri 3, penerima penghargaan itu adalah SMPN 1 Solo, SMPN 8 Solo, dan SMPN 9 Solo.

Adiwiyata Nasional adalah penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) bagi sekolah yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan hidup dalam semua aspek. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Baca Juga :  SMP Kanisius 1 Surakarta Gelar Open House “Kanfest”

“Selama tiga tahun terakhir kami memang menyiapkan dengan segala daya dan upaya oleh seluruh warga sekolah untuk berkomitmen meraih penghargaan Adiwiyata Nasional ini. Alhamdulillah tahun 2018 ini kami, Smaga, diberi kepercayaan pemerintah menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional,” papar Kepala SMAN 3 Solo, Makmur Sugeng dalam siaran persnya yang diterima redaksi Joglosemarnews, Sabtu (21/12/2018).

Berdasarkan proses penilaian telah ditetapkan sejumlah 279 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 117 Sekolah Adiwiyata Mandiri yang berhak mendapatkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2018.

Menurut Makmur Sugeng, ketika mempersiapkan diri untuk berkompetisi sebagai sekolah Adiwiyata Nasional, sekolahnya mengajukan slogan: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Kita… Selamanya. “Pesan dan harapan yang kami, momentum ini semoga dijadikan tonggak awal untuk terus berbenah, mempertahankan, dan meningkatkan diri untuk memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri,” paparnya.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Sekolah Adiwiyata, seperti dipaparkan dalam laman  Kementerian Lingkungan Hidup adalah sekolah yang bersih, teduh, efisien dalam penggunaan kertas, air dan listrik.

“Atas nama pribadi dan Kepala SMAN 3 Surakarta, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh warga sekolah, komite dan dewan pakar, alumni, serta jajaran pemerintah terkait atas bantuan, doa, dan dukungannya,” pungkas Makmur Sugeng.(syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com