loading...
Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Teka-teki pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap ketiga di Sragen terjawab. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati memastikan Pilkades serentak bakal dimajukan digelar bulan Mei tahun ini.

Jadwal Pilkades itu maju lima bulan dari rencana awal yang sebelumnya direncanakan digelar Oktober tahun ini.

Pemajuan jadwal Pilkades serentak itu diputuskan salah satunya karena pertimbangan kondusivitas dan jarak dengan Pilkades sebelumnya.

Hal itu disampaikan bupati saat menghadiri penyerahan sertifikat PTSL di Kecamatan Plupuh, Senin (14/1/2019). Kepada wartawan, ia mengatakan bila digelar Oktober maka jaraknya terlalu jauh dengan pilkades sebelumnya. Selain itu dengan dimajukan maka penjabat (Pj) kepala desa yang ditunjuk tidak terlalu lama menjabat.

Baca Juga :  Tertangkap Tak Kancingkan Helm, Sejumlah Pengendara Motor di Sragen Langsung Dihampiri Kapolres. Tak Disangka, Begini Yang Dilakukan Kapolres.. 

“Pilkades serentak akan digelar Mei mendatang, supaya Pj kades tidak terlalu lama menjabat, karena bila terlalu lama juga tidak baik untuk kondusivitas desa juga,” paparnya.

Menurur rencana, ada 167 desa dari 196 desa di 20 wilayah kecamatan di Kabupaten Sragen yang bakal menggelar pilkades serentak tersebut. Meski dipastikan maju, namun Bupati Yuni belum menyebut tanggal pasti pelaksanaan pilkades serentak tersebut.

Baca Juga :  Gara-gara Tak Dapat Bantuan Pemerintah, Ada Masyarakat di Sragen Tolak Ikut Kerja Bakti. Kapolres Akan Bentuk Satgas Pengamanan Bansos 
Loading...

Lebih lanjut, dijelaskan pertimbangan Pilkades serentak dimajukan itu karena mulai Januari ini sudah ada desa yang masa jabatannya berakhir.

Kemudian banyak Kades yang menyusul  berakhir jabatan pada Maret mendatang. Bila masa jabatan kades berakhir, maka Pemkab Sragen akan menunjuk Pj kades sampai menunggu kades terpilih dalam pilkades serentak.

“Banyak kades yang masa jabatannya berakhir Maret, April dan Mei,” tandasnya.

Dari 167 desa yang masuk penetapan untuk menggelar Pilkades serentak di 2019, hanya ada satu desa di Kecamatan Sambirejo yang masa jabatan kadesnya berakhir Desember mendatang. Atas dasar itulah, akhirnya pilkadesnya juga dimajukan, diikutkan dengan pilkades serentak. Wardoyo

Baca Juga :  Dihadiri Dahnil Anzar, 14 Komunitas Relawan Sragen Resmikan Posko Prabowo-Sandi. Dahnil Sebut Awal dari Kemenangan! 

 


Loading...