JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-69

Istimewa
Istimewa

SOLO– Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-69. Beberapa kegiatan yang digelar diantaranya Imigration Goes To School, ziarah ke makam pahlawan, donor darah, serta bhakti sosial.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Kasi Tikim), Ramilah Hanum menuturkan, Imigration Goes to School merupakan bentuk kegiatan sosialisasi ditujukan untuk peningkatan pemahaman keimigrasian siswa SMA/SMK.

“Kegiatan sosialisasi dilakukan di hadapan 60 orang siswa SMK N 4 Surakarta, Kerten, Laweyan, Surakarta pada Kamis (24/1/2019) lalu. Sosialisasi ini terselenggara berkat koordinasi dan kerja sama yang baik antara jajaran pimpinan dan staf kedua belah pihak,” ujarnya, Jumat (25/1/2019).

Acara inti sosialisasi yaitu penyampaian materi Sekilas Keimigrasian diantaranya materi sejarah keimigrasian di Indonesia, pelayanan keimigrasian, hingga syarat-syarat pembuatan paspor.

Baca Juga :  Rekontruksi Penyerangan Mertodranan Solo, Tersangka Jalani 77 Adegan, Ternyata Provokasi Berawal dari Grup WA

“Para oeseeta sosialisasi sangat antusias, terbukti dari sejumlah pertanyaan yang diajukan baik oleh para guru maupun siswa. Seperti apakah ada usia minimal pembuatan paspor maupun mengapa paspor Indonesia tidak dapat digunakan untuk bepergian ke Israel,” imbuh Ramilah.

Sementara itu, kegiatan ziarah ke makam pahlawan yang dilaksanakan Jumat (25/1/2019) juga mewarnai rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke 69. Kegiatan ziarah diikuti seluruh oegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti, Jurug, Surakarta.

“Pelaksanaan tabur bunga ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-69 yang jatuh pada Sabtu (26/1/2019). Tujuannya sebagai wujud dari rasa syukur kembali bertemu. Kembali merayakan hari bhakti kembali di tahun ini,” urai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Said Ismail yang memimpin langsung upacara penghormatan dan mengawalinya dengan tabur bunga.

Baca Juga :  4 Anggota PSHT Penggerak Aksi Massa di Manahan Solo Diinterogasi 3 Jam, Begini Peringatan Polisi

Seluruh prosesi yang diikuti para pegawai dalam balutan Pakaian Dinas Upacara I (PDU I) berwarna hitam berlangsung khidmat. Dimulai pukul 07.30 WIB, tabur bunga diawali di makam pahlawan nasional Slamet Riyadi. Tidak hanya di TMP Kusuma Bakti, tabur bunga juga dilaksanakan di makam Menteri Kehakiman (sekarang Hukum dan HAM) pertama yaitu Prof Soepomo. Makam prof Soepomo tersebut berlokasi di belakang restoran Diamond di kampung Yosoroto, Purwosari. Triawati PP