loading...
Ilustrasi Pemilu

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Dalam setiap ajang Pemilu utamanya Pileg, Dapil 5 selalu menjadi sorotan. Dapil yang mencakup tiga kecamatan di ujung timur Sragen ini, selalu diwarnai persaingan sengit.

Tak pelak, Dapil yang meliputi Kecamatan Gondang, Sambungmacan, Sambirejo itu seringkali disebut sebagai salah satu Dapil neraka. Julukan itu disematkan mengingat beberapa nama besar dan petarung-petarung politik papan atas bersemayam di Dapil ini.

Bahkan, tiga dari empat pimpinan DPRD Sragen periode 2014-2019, lahir dari Dapil ini.

Di Pemilu 2014, rivalitas di Dapil 5 juga tak kalah sengit. Meski PDIP masih unggul, perlawanan keras ditunjukkan parpol-parpol mapan lainnya macam Golkar, Gerindra dan PKS.

Baca Juga :  14 Pedagang Sragen Yang Positif Rapid Test di Pasar Sine Ngawi, Akhirnya Dinyatakan Negatif Terinfeksi Covid-19. Hasil Swab Keluar Tepat di Hari Lebaran, Tapi Tetap Isolasi Mandiri 14 Hari!

Panasnya persaingan Dapil 5 juga memunculkan rivalitas dua pentolan PDIP dan Golkar yang sama-sama duduk di kursi pimpinan DPRD yakni

Bambang Samekto dari PDIP dan Bambang Widjo Purwanto asal Golkar.

Layaknya laga el classico, duo Bambang selalu menjadi barometer kerasnya pertarungan di Dapil 5.

Namun di Pemilu 2014, Bambang Samekto keluar menjadi peraih suara tertinggi Dapil ini dengan raihan 7.007 suara. Sementara Bambang Widjo meraup 6.227 suara.

PDIP menjadi jawara di Dapil ini dengan meraih dua kursi. Sedangkan Golkar harus puas dengan satu kursi bersama Gerindra, PKB dan PKS.

Baca Juga :  Innalillahi, Hutomo Tomy Ramelan, Kabid Resos Dinsos Sragen Meninggal Dunia. Didera Gagal Ginjal, Jenazah Bakal Dimakamkan Siang Ini

Di Pileg 2019, peta kekuatan tak jauh berubah. Namun kali ini panasnya Dapil 5 bakal ditambah satu petarung baru yakni Budiono Rahmadi dari Demokrat. Wardoyo

Daftar 10 Caleg Peraih Suara Terbanyak Dapil 5:

Bombong PKB – 3.340

Hartanto PKS – 2.746

Bambang Samekto PDIP – 7.007

Suwoto PDIP – 3.278

Nurhardiyan Zainia PDIP- 3.136

Bambang Widjo Golkar – 6.227

Fatchur Rahman Golkar – 3.929

Joki Supriyanto Gerindra – 4.457

Ariyani Hanura – 3.570

Kristyastuti PKS – 2.491

Sumber: KPU Sragen