JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pantau Arus Balik, Komjen Condro Kirono Soroti Sampah di Rest Area Tol. Ungkap Penumpukan Kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Capai 70.000 Kendaraan 

Kabarhakam, Komjen Condro Kirono saat meninjau arus balik di rest area Brebes. Foto/Humas Polda
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Kabarhakam, Komjen Condro Kirono saat meninjau arus balik di rest area Brebes. Foto/Humas Polda

BREBES, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Republik Indonesia (Kabaharkam) Komjen Pol Condro Kirono  melaksanakan pengecekan jalur arus balik di Brebes, Minggu (09/06/2019). Kunjungan tersebut menjadi penanda kenaikan pangkat mantan Kapolda Jateng yang belum lama ini bertugas di Kabarhakam Mabes Polri itu.

Ikut dalam rombongan Kakorsabhara Polri Irjen Pol Sudjarno, Kakorpolairud Irjen Pol Chaerul, Dirpolud Polri Brigjen Pol Lotharia Latif dan Kakor Sabhara, Kabaharkam menuturkan titik krusial yatu di rest area.

Rombongan disambut Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono bersama Dandim 0713 Brebes dan Forkopimda Brebes di Nasmoco, Kelampok Brebes.

Lanjut beliau juga mengimbau kepada masyarakat apabila tidak dalam kondisi darurat agar tidak berhenti di bahu jalan tol. Pasalnya hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan dan menurunkan efektivitas lalu lintas di jalan tol.

Baca Juga :  Pelanggaran Prokes di Kudus Capai 13.835 Kasus, Gelar Operasi Hingga 1.489 Kali

“Kita perlu mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan bahu jalan untuk tempat – tempat istirahat,” papar Komjen Condro, Minggu (9/6/2019).

Pihaknya menyarankan sebagai salah satu langkah manajemen lalu lintas di jalan tol, rest area menjadi tempat berhenti emergency saja.

Dirinya juga menyampaikan agar pengendara tak membuang sampah sembarangan di rest Area. Hal itu terlihat dari banyaknya sampah yang bertebaran di rest area.

Problem itu menurutnya perlu dievaluasi agar ke depan untuk perlu mengajak komunitas kebersihan diterjunkan di rest area.

Baca Juga :  Kawasan Industri Hasil Tembakau Kudus Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja

Terkait angka laka lantas, Condro mengklaim Jumlahny menurun di banding tahun kemarin. Untuk kepadatan arus mudik terjadi pada Sabtu (8/6/2019) malam dikarenakan kapasitas jalan tol ada maksimalnya.  Seperti kalikangkung yang hanya mempunyai kapasitas 15.000 Pemudik tadi malam sampai 68.000 sampai dengan 70.000 pemudik.

“Kami semua secara intensif mengimbau masyarakat untuk tidak berhenti di bahu jalan tol, apabila tidak dalam kondisi darurat. Jika ingin beristirahat, mereka bisa keluar ke kota-kota terdekat di sepanjang jalur utara,” ujar kabaharkam. Wardoyo