JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Gantikan Amien Rais, Lilik Jalan Kaki dari Tugu Yogyakarta Menuju Jakarta

Lilik Yuliantoro (39) sebelum melakukan aksi jalan kaki jilid 4, Senin (22/7/2019), dari Tugu Pal Putih Yogyakarta. Tribun Jogja/ Andreas Desca Budi Gunawan
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Lilik Yuliantoro (39) sebelum melakukan aksi jalan kaki jilid 4, Senin (22/7/2019), dari Tugu Pal Putih Yogyakarta. Tribun Jogja/ Andreas Desca Budi Gunawan

JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi jalan kaki Yogyakarta-Jakarta dilakukan oleh Lilik Yuliantoro (29) pria asal Blora, Jawa Tengah.

Ia memulai perjalanan dari Tugu Pal Yogyakarta pada Senin (22/7/2019) siang.

Adapun Lilik melakukan aksi itu untuk mewakili Amien Rais yang dulu pernah mengatakan hendak jalan kaki Yogyakarta – Jakarta jika Joko Widodo terpilih sebagai presiden.

Namun ucapannya itu tidak pernah dilakukan.

“Saya merasa iba, dengan tulisan-tulisan di sosial media. Saya cuma bisa mendoakan supaya Bapak Amien Rais selalu sehat, biarkan pemuda-pemudi yang melanjutkan cita-cita Bangsa,” tuturnya.

Lilik menyampaikan bahwa aksi tersebut murni keinginannya secara pribadi.

Baca Juga :  KA Prameks Mulai Beroperasi Normal Kembali, Tapi Dibatasi 70 Persen Dari Kapasitas Tempat Duduk

“Aksi ini memang keinginan saya pribadi, muncul dari hati karena melihat semangat Bapak Amien Rais dalam membangun Bangsa. Makanya saya ingin menggantikannya, selain itu beliau sudah sepuh biarkan sekarang istirahat di rumah,” tuturnya.

Dalam perjalanan kali ini, Lilik ingin menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan surat dan sebuah wayang ‘Sengkuni’.

Selain itu dia juga akan membawa aspirasi masyarakat yang dilewatinya untuk disampaikan ke Presiden.

Sebelumnya Lilik juga pernah melakukan beberapa kali aksi serupa dan ini merupakan aksinya yang keempat.

Bukan aksi pertama

Ini sebenarnya bukanlah yang pertama.

Tahun 2014 lalu, juga ada seorang relawan yang berjalan kaki dari Malang ke Jakarta untuk menjalankan nazar jika Jokowi terpilih. Pria itu bernama Giman, anggota Bara JP asal Malang.

Baca Juga :  Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Meningkat, Capai 85 Persen

Ia berjalan kaki dari Malang menuju Jakarta bahkan sempat mampir di Yogyakarta. Namun ia tak berhasil menemui Amien Rais.

Giman memulai perjalanannya sejak 21 September 2014 dan tiba di Jakarta pada 13 Oktober 2014.

Giman tiba di kantor DPP PAN di jalan TB Simatupang kemudian melakukan orasi.

Dalam orasinya, Giman menyindir Amien Rais yang bernazar hendak jalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta jika Jokowi Menang.

www.tribunnews.com