loading...
Loading...
Aksi wayang orang yang diperankan para guru dan Kasek SMK Citra Medika Sragen saat MPLS. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM– Memasuki hari pertama sekolah, siswa-siswi mulai disibukkan dengan kegiatan pembelajaran. Namun, bagi siswa baru, awal sekolah akan dimulai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

MPLS merupakan momen untuk memperkenalkan budaya sekolah, sarana dan prasarana, ekskul dan organisasi, program sekolah, cara belajar, dan pengenalan diri terhadap lingkungan, teman-teman baru, serta guru.

SMK Citra Medika Sragen mengemas MPLS ini dengan cara yang unik dan menarik, sangat jauh dari kesan ‘perpeloncoan’ yang kembali menjadi sorotan nasional setelah insiden meninggalnya siswa di SMA Taruna Palembang beberapa hari terakhir.

Sebaliknya, kegiatan MPLS di SMK Citra Medika justru menjadi momen yang sangat berkesan dan menyenangkan bagi siswa baru.

Mengambil tema “Mengakrabkan, Menyenangkan, Menantang”, SMK Citra Medika Sragen menggelar kegiatan MPLS selama empat hari, dimulai hari Sabtu, 13 Juli dan berakhir Rabu, 17 Juli 2019 besok.

Dalam pembukaan MPLS, siswa-siswi baru dikejutkan dengan penampilan bapak dan ibu guru yang bermain lakon sebagai tokoh pewayangan. Menyuguhkan cerita wayang populer kisah Pandawa melawan Sengkuni, SMK Citra Medika Sragen ingin memberikan gambaran mengenai sikap baik yang perlu ditiru dan sikap buruk yang sebaiknya dihindari oleh siswa-siswi melalui karakter-karakter tokoh wayang yang diperankan.

Baca Juga :  Terungkap, Remaja Putri Yang Gantung Diri di Sambirejo Sragen Ternyata Siswi Sekolah Luar Biasa

Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto, mengatakan dalam setiap kegiatan MPLS, Citra Medika Sragen selalu mengusung tema yang unik dan menarik untuk menyambut siswa-siswi baru. Hal itu sengaja dilakukan dengan harapan para siswa baru bisa memiliki kesan yang menarik dan menimbulkan rasa tidak sabar untuk segera mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah kami.

“Jadi, sangat jauh dari kesan ‘perpeloncoan’. Sebagaimana MPLS tahun ini, kami ingin memperkenalkan bapak dan ibu guru yang mengajar di SMK Citra Medika Sragen kepada siswa-siswi baru, namun dengan cara yang unik. Kami sengaja berdandan ‘ala’ tokoh wayang dengan memerankan karakter sesuai tokohnya. Sengaja kami memilih lakon Pandawa dan Sengkuni karena karakter dan ceritanya cukup dikenal. Namun, untuk skenarionya kita ubah disesuaikan dengan lingkungan dan budaya yang ada di SMK Citra Medika Sragen. Harapannya dengan penggambaran tokoh protagonis dan antogonis, siswa-siswi baru dapat mendapatkan pembelajaran mengenai sikap yang harusnya dijadikan teladan dan sikap buruk yang harusnya dihindari ketika menuntut ilmu di SMK Citra Medika Sragen,” paparnya kepada Joglosemarnews.com.

Baca Juga :  Kena Razia Satpol, 10 Pemasang Reklame Gelap di Sragen Akhirnya Menyerah dan Setor ke BPPKAD 

Tidak hanya pengenalan bapak dan ibu guru, siswa-siswi juga diberikan gambaran mengenai ekstrakurikuler dan organisasi sekolah melalui demo yang ditampilkan oleh pembina bersama siswa.

Pengenalan ekskul dan organisasi juga dikemas dengan sangat menarik karena pembina juga berlomba-lomba untuk mendapatkan anggota baru.

Foto/Wardoyo

Pihaknya menggaransi padatnya jadwal MPLS dan penugasan tidak akan membuat siswa-siswi bosan atau terbebani. Hal itu dikarenakan banyak sekali program sekolah yang sangat menarik untuk diketahui oleh siswa baru. Selain itu, acara juga sudah dirancang semenarik mungkin.

Annisa Fajar, selaku ketua kegiatan menuraikan MPLS di SMK Citra Medika Sragen memang satu hari lebih lama dibandingkan dengan sekolah lain. Hal ini karena di sekolahnya memulai kegiatan MPLS lebih awal.

Kegiatan mulai padat di MPLS hari kedua sampai hari terkahir, jadi Senin – Rabu.

“Sekolah kami memiliki banyak program yang wajib diketahui oleh siswa-siswi baru. Seperti program smartschool dimana sekolah kami sedang merintis sekolah berbasis teknologi, program ketarunaan yang sudah mulai berjalan dari tahun kemarin, program penghijauan sekolah melalui pembentukan tim cinta lingkungan di masing-masing kelas, serta pengenalan budaya dan tata tertib sekolah,” urainya. Pengenalan ekskul dan organisasi juga dikemas semenarik mungkin melalui demonstrasi yang ditampilkan oleh masing-masing anggota. Dengan demikian, siswa-siswi baru tidak akan merasa jenuh dan bosan karena konsep acara sudah kami rancang semenarik mungkin.

Baca Juga :  PDIP Sragen Resmi Tunjuk Nama Ini Sebagai Pimpinan Sementara DPRD 2019-2024. Setwan Tunggu Kandidat dari PKB 

Tidak hanya seputar program sekolah,sekolah juga mendatangkan motivator agar siswa-siswi selalu semangat dalam menjalani hidup.

“Serta mengundang Polres Sragen untuk memberikan edukasi mengenai tata tertib berlalu lintas,” tandasnya.

Fungki, salah satu siswa baru jurusan Keperawatan mengaku sangat senang mengikuti kegiatan MPLS di SMK Citra Medika Sragen.

“Senang rasanya bisa diterima di SMK Citra Medika Sragen. Waktu masih kelas IX, aku memang ingin sekolah di jurusan keperawatan. Sekarang setelah diterima, lalu tahu program-program sekolahnya, aku jadi semakin yakin gak salah pilih sekolah di sini. Kegiatan MPLS-nya juga meriah banget. Apalagi hari pertama, bapak ibu guru dandan wayang. Menurutku itu sangat unik dan menghibur,” ujarnya. Wardoyo

Iklan
Loading...